5 Profesi Paling Dicari Selama Pandemi COVID-19 Versi Mendikbudristek, Tertarik Daftar?

SULUTBICARA.com – Terjadinya pandemi COVID-19 memberikan perubahan yang cukup signifikan bagi sejumlah bidang di Indonesia. Tidak terkecuali pada dunia kerja. Di mana sebagian besar aktivitas profesional di Indonesia dilakukan secara online.

Di tengah situasi yang kini nyaris serba online, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Makarim menyebutkan sejumlah profesi yang paling banyak dicari. Nadiem Makarim pun menemukan riset ini dari lama resmi ITEBA (Institut Teknologi Batam).

Penasaran apa saja profesi yang paling banyak dicari di masa pandemi?

1. Software Engineer

Software engineer memiliki tugas yang cukup luas. Tidak hanya sekadar coding dalam pembuatan program, software engineer juga bertugas melakukan analisa, membuat rekayasa, menyusun spesifikasi, hingga melakukan validasi rancangan perangkat lunak. Untuk bekerja di bidang ini, setidaknya kamu harus menempuh pendidikan di jurusan Teknik Komputer atau Sistem Informasi.

2. UX Designer

Nadiem Makarim menyebut bahwa bidang ini paling menjanjikan selama pandemi. UX atau User Experience Designer memiliki pekerjaan untuk meningkatkan kepuasan pengguna saat mengunjungi platform yang unik. Seorang UX Designer melakukan riset-riset tertentu berdasarkan pengalaman pengguna.

3. Product Manager

Seorang product manager bertanggung jawab melakukan perencaan atau pengembangan sebuah produk. Perencanaan produk dilakukan supaya memiliki daya tarik dan daya jual yang tinggi. Memiliki ide yang luar biasa merupakan dasar keahlian yang harus dimiliki product manager.

Selain itu, product manager bertanggung jawab mengarahkan seluruh tim agar strategi menciptakan produk dapat berjalan lancar. Dibutuhkan juga keahlian dalam menjelaskan dan menerjemahkan produk dengan tepat.

4. Peneliti

Terjadinya pandemi COVID-19 membuat profesi sebagai peneliti menjadi sangat penting. Mulai dari meneliti karakteristik virus, kandungan vaksin, hingga teknologi apapun yang bisa memutus rantai penyebaran virus COVID-19.

5. Analis Data

Profesi ini menjadi profesi yang dijalani Nadiem Makarim sebelum akhirnya menteri. Profesi ini dibutuhkan di era digital untuk menganalisa data yang berkaitan untuk menciptakan ide baru. Seorang analis data memiliki tugas dalam pembersihan data, menganalisa data, dan membuat visualisasi data. Data ini nantinya akan diolah untuk kemudian dijadikan instrumen bisnis baru.

(fimela)

Komentar