oleh

Mengenal Direktur Perempuan Pertama Polimdo, Cerdas dan Open Minded

SULUTBICARA.com – Dra Mareyke Alelo MBA terpilih sebagai Direktur Politeknik Negeri Manado (Polimdo) periode 2020-2024. Terpilihnya Alelo pada 7 Desember 2020 dan dilantik pada 9 Desember 2020, menjadi akhir polemik pemilihan Direktur Polimdo yang ditengarai bermasalah.

Terpilihnya Alelo juga menjadi hal yang baru bagi sejarah Polimdo, Mareyke Alelo menjadi perempuan pertama yang berhasil menduduki kursi Direktur selama perjalanan pemilihan Direktur di Polimdo.

Sebelum terpilih menjadi Direktur, Alelo menjabat Wakil Direktur Bidang Akademik (2016-sekarang), Kepala UPT Kerjasama Internasional (2013-2016), Direktur TPSDP (Technological and Professional Skills Development Project-Asian Development Bank)-Politeknik Negeri Manado (2002-2004), Direktur DUE-Like (Development of Undergradutae Education)-Politeknik Negeri Manado (2000-2002) dan Sekretaris Jurusan Pariwisata Politeknik Negeri Manado (1999-2004).

Perempuan yang lahir di Tahuna, 13 Desember 1964, merupakan tenaga ahli pariwisata di beberapa kabupaten/kota yang ada di Sulawesi Utara. Dilansir dari berbagai sumber selama masa jabatannya ia tidak hanya akan membuat Polimdo memiliki prestasi sampai ke internasional tapi juga memiliki manfaat untuk lingkungan sekitar. Dimulai dari Tahuna, lalu Sulawesi Utara hingga Indonesia.

“Syukur kepada Tuhan, jika kita bisa mengangkat daya saing Politeknik Negeri Manado hingga ke internasional,” ucap wanita yang meraih gelar Master of Business Administration di Griffith University Australia.

Selain itu, Alelo juga menyampaikan keinginannya untuk menjadikan Polimdo bisa masuk dijajaran elit perguruan tinggi vokasi terbaik di Indonesia. Menurutnya, Polimdo punya momentum yang baik untuk dapat mencapai peringkat tersebut. Sehingga ia akan bekerja sama dengan seluruh civitas Polimdo untuk menyusun rencana tersebut.

Dengan terpilihnya Alelo sebagai Direktur baru tentunya muncul berbagai ucapan selamat dan harapan-harapan dari berbagai kalangan. Mulai dari individu, kelompok sampai pada lembaga.

Sejumlah kalangan menilai Mareyke Alelo adalah sosok wanita yang cerdas dan cermat. Inisiator Kerjasama dengan “The Welding Institute” Cambridge-UK tersebut dianggap selalu mendengar, mencatat dan mengapresiasi setiap prestasi yang ada di sekelilingnya.

Inisiasi kerjasama Pendidikan Tinggi dengan “Northwestern Michigan College dan Jackson College” juga dianggap memiliki kemampuan akademik mumpuni dan memiliki kelebihan dalam kapasitas mengawinkan kompetensi keilmuan dengan kompetensi kepemimpinan yang selalu ia sesuaikan dengan perkembangan zaman dan kebutuhan akan masa depan.

“Sesekali tekejut dengan cara beliau memimpin rapat, tidak banyak berbicara. Namun, banyak mencatat. Sosok ini adalah yang perlu dirujuk sebagai tokoh yang mau membuka telinga dan pemikirannya bagi ide-ide lain di luar dari dirinya. Kemampuannya menyatukan ide dan membuatnya menjadi lebih kaya adalah sesuatu hal yang tidak banyak ditemui di luar sana,” kata sejumlah civitas Polimdo saat ditanya pribadi Direktur low profile tersebut.

(bil)

Komentar

Terkait