oleh

Gelar Pengabdian di Budo, Polimdo Buat Aquarium Air Laut Terbesar di Sulut

WORI, SULUTBICARA.com

Politeknik Negeri Manado (Polimdo) kembali melaksanakan Program Pengabdian Pada Masyarakat-Mahasiswa (PPM-M) di Desa Budo, Kecamatan Wori, Kabupaten Minahasa Utara (Minut) belum lama ini. Kegiatan PPM-M tersebut dalam bentuk pelatihan pembuatan Aquarium Air Laut.

“Kegiatan ini dilakukan untuk menunjang pariwisata pantai yang ada di desa Budo yang merupakan salah satu Desa Wisata yang masuk 50 besar terbaik di Indonesia,” ungkap Ketua Tim PPM-M Polimdo, Jeanly Solang SPi MSi, Senin (28/11/2022).

Menurutnya, sebagai desa binaan Politeknik Negeri Manado, setiap tahun pihaknya melakukan kegiatan Pengabdian di desa tersebut. Dikatakannya, pembuatan aquarium tersebut melibatkan dosen pendamping, mahasiswa dan masyarakat desa Budo.

“Aquarium air laut yang berukuran panjang 2 meter, lebar 80 Cm dan tinggi 1 meter ini merupakan salah satu Aquarium air laut terbesar yang ada di daerah ini. Adapun aquarium air laut ini dibuat untuk mengenalkan ekosistem pantai yang ada di pantai Mangrove desa Budo ini,” tuturnya.

Diungkapkannya, bahwa aquarium tersebut berisi biodata laut yaitu berbagai jenis ikan setempat, bintang laut, tumbuhan mangrove, rumput laut, karang dan lain sebagainya.

“Kami mengharapkan dengan adanya aquarium air laut ini, masyarakat dapat melihat keadaan kehidupan dasar laut yang ada di pantai mangrove desa Budo. Dengan demikian, ini akan menjadi salah satu daya tarik masyarakat untuk mengunjungi tempat wisata ini,” jelasnya.

Ditambahkan, bahwa kegiatan tersebut merupakan kegiatan nyata dan langsung kepada masyarakat yang dilakukan Politeknik Negeri Manado.

“Kegiatan ini merupakan ide dan instruksi langsung dari Direktur Politeknik Negeri Manado Dra Mareyke Alelo MBA untuk menunjang Desa Wisata Budo yang merupakan desa binaan,” tambahnya.

Dilain pihak, Pemerintah Desa Budo mengucapkan banyak berterima kasih kepada pimpinan Politeknik Negeri Manado dan Tim Pengabdian.

“Dampak dari adanya aquarium air laut ini sudah mulai terasa dengan banyaknya pengunjung yang tertarik melihat aquarium ini. Semoga di tahun- tahun kedepan Politeknik Negeri Manado akan terus melakukan kegiatan yang dapat menunjang Desa Wisata ini,” pungkas sekertaris desa Budo, Odirandi Lintogareng.

(sbc)

Komentar