Marak Penipuan! PLN Imbau Masyarakat Akses PLN Mobile Sebagai Solusi Layanan Kelistrikan Aman

Daerah1093 Dilihat

AMPANA – Penipuan mengatasnamakan PLN akhir-akhir ini kian marak dengan berbagai macam modus. Untuk mencegah hal tersebut, PLN Unit Layanan Pelanggan Ampana giat melakukan sosialisasi kepada masyarakat untuk memberikan edukasi kelistrikan.

Pada kesempatan ini, Manager PLN Unit Layanan Pelanggan Ampana, Erdhi Dwi Cahyo berkesempatan menyapa masyarakat Desa Tampabatu, Dusun Tampabatu, serta diampingi oleh Pemerintah setempat dalam hal ini Kepala Bidang Perumahan Kabupaten Tojo Una-una.

Dalam kesempatan sosialisasi tersebut Erdhi menyampaikan bahwa maraknya penipuuan yang mengatasnamakan PLN dilakukan kepada warga masyarakat yang memiliki akses informasi yang rendah, sehingga rawan menjadi sasaran.

“PLN menghimbau untuk segala transaksi baik pasang baru, tambah daya, maupun layanan lainnya dapat dilakukan secara online melalui menggunakan aplikasi PLN Mobile yang dapat diunduh pada perangkat smartphone atau bisa juga melalui sarana call center 123,” jelas Erdhi, R, 26 Rabu (26/07/2023).

Masyarakat juga dihimbau untuk jangan mudah percaya kepada orang yang mengaku menjadi petugas PLN. “Harap berhati-hati terhadap pihak yang mengaku sebagai petugas PLN dan meminta pembayaran langsung maupun data diri ke pelanggan. Petugas PLN selalu dilengkapi identitas yang jelas serta menggunakan tanda pengenal dan seragam lengkap,” lanjut Erdhi.

Ditempat terpisah, Manager PLN UP3 Luwuk Ansar menerangkan bahwa PLN tidak pernah menawarkan jasa layanan door to door ke pelanggan seperti penjualan box kWh meter atau pemasangan baru, dengan transaksi pembayaran langsung di rumah pelanggan.

“Dalam pembayaran transaksi layanan PLN, selalu menggunakan nomor register atau kode bayar yang hanya bisa dibayarkan melalui payment point online bank (PPOB) atau marketplace,” terang Ansar.

“Petugas PLN tidak pernah meminta biaya atas layanan yang diberikan secara langsung, semua transaksi pembayaran melalui sistem Payment Point Online Bank (PPOB), tidak ada pembayaran di tempat,” tambahnya.

Semoga dengan adanya kegitan sosialisasi seperti ini, pemerintah setempat dapat meneruskan informasi kepada warga masyarakat untuk terus berhati-hati dan waspada akan usaha penipuan yang dilakukan oleh beberapa orang yang tidak bertanggungjawab.

Pada akhirnya PLN terus berupaya untuk memberikan edukasi kelistrikan kepada masyarakat agar tidak mudah menjadi korban penipuan. Dengan memanfaatkan aplikasi PLN Mobile yang dapat diunduh melalui Playstore atau Appstore, nikmati layanan kelistrikan yang lebih aman dan nyaman. Dengan PLN Mobile, semua makin mudah.

(sbc)

Komentar