Lewat Bunga Krisan Hasil Petani Binaan, PLN Kampanyekan Energi Baru Terbarukan

Daerah1208 Dilihat

TOMOHON – Tournament of Flower (TOF) yang merupakan puncak dalam rangkaian Tomohon International Flower Festival (TIFF) 2023 yang diadakan pada Sabtu (12/08/2023) berlangsung meriah.

Sebanyak 28 peserta kendaraan hias, aksi marching band serta fashion carnival berhasil memukau puluhan ribu pengunjung sepanjang jalan yang menjadi rute pelaksanaan kegiatan TOF.

PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah dan Gorontalo (Suluttenggo) pun terlibat dalam kegiatan yang dibuka langsung oleh Ketua DPR RI, Puan Maharani.

“Sebagai refleksi dari keberagaman, keindahan serta kekayaan alam Indonesia, kegiatan ini dapat membangkitkan potensi pariwisata yang mampu mendatangkan wisatawan domestik bahkan mancanegara. Melalui kegiatan ini akan terus membawa Kota Tomohon yang kuat, kota yang hebat, harmoni dan membawa kesejahteraan bagi masyarakatnya,” ucap Puan dalam rangkaian pembukaan TOF 2023.

Sebanyak 400.000 tangkai bunga menghiasi kendaraan hias peserta dalam ajang TOF. Pengunaan bunga tersebut tentu membawa manfaat yang positif yang dapat meningkatkan kesejahteraan bagi para petani bunga.

General Manager PLN Suluttenggo, J.A Ari Dartomo mengungkapkan bahwa keterlibatan PLN dalam TOF tak lepas dari peran petani binaan PLN Peduli yang menerapkan program Electrifying Agriculture bunga krisan melalui konsep smart farming dalam menghasilkan bunga dengan kualitas produksi yang baik.

Secara khusus petani binaan PLN memproduksi kurang lebih sebanyak 18.000 tangkai bunga dalam mendukung pelaksanaaan TOF 2023.

“Hari ini, kendaraan hias yang kami hadirkan dalam TOF menggunakan bunga dengan kualitas sangat baik yang dihasilkan oleh petani binaan PLN,” ungkap Dartomo.

Tak hanya itu, melalui hiasan bunga-bunga indah tersebut, PLN juga mengkampanyekan Energi Baru Terbarukan (EBT) kepada seluruh pengunjung yang tampak antusias menyaksikan dari awal hingga berakhirnya acara parade TOF.

“Sebagai BUMN yang terdepan dalam transisi energi, PLN ingin terus memperkenalkan penggunaan EBT kepada seluruh masyarakat serta ekosistem kendaraan listrik yang dapat mengurangi emisi,” tambah Dartomo.

PLN terus berkomitmen mewujudkan transisi energi untuk mencapai target Net Zero Emission (NZE) pada tahun 2060. Hingga saat ini, sejumlah torehan positif telah tercapai dalam upaya mendorong pengunaan energi bersih tersebut.

(sbc)

Komentar