“BUMN Goes to Campus” Paparkan Peluang Kerja kepada Mahasiswa Polimdo

Daerah, Sumikolah6561 Dilihat

MANADO – Kegiatan “BUMN Goes to Campus” di Politeknik Negeri Manado (Polimdo), Kamis (24/08/2023) memaparkan peta peluang dan tantangan kerja khususnya bagi mahasiswa yang minat berkarir di perusahaan milik negara itu.

Staf Khusus III Menteri BUMN, Arya Sinulingga yang menjadi narasumber pada kegiatan itu mengatakan untuk berkarir di BUMN sangat besar, karena hal itu sesuai terobosan Menteri BUMN Erick Thohir mendorong generasi muda berperan penting dalam membawa BUMN ke era baru.

“Transformasi BUMN bukan hanya tanggung jawab BUMN dan pemerintah tetapi juga dari masyarakat luas khususnya generasi muda digital yang penuh dengan ide dan inovasi,” katanya.

Dia meyakini bahwa keterlibatan mahasiswa Polimdo bukan hanya memberikan kesempatan untuk berpartisipasi, tapi memberikan sudut pandang baru serta mempertajam kemampuan berpikir kritis dalam memahami tantangan dan peluang yang dihadapi oleh BUMN.

Sementara itu, Direktur Polimdo Dra Mareyke Alelo MBA yang memberikan sambutan lewat video call menyampaikan terima kasih kepada industri, dalam hal ini BUMN mengambil langkah luar biasa untuk menjalin kerja sama dengan institusi.

Menurutnya, peristiwa bersejarah ini mengingatkan diriya ketika secara massif sejak tiga dasarwasa lalu, ketika Politeknik dibangun diseluruh Indonesia ada satu filosofi yang kuat dan mendasar, yaitu menciptakan link and match Pendidikan tinggi antara Politeknik dan industri.

“Filosofi ini terus dikembangkan untuk keperluan Bangsa Indonesia yaitu tersedianya tenaga profesional. Seiring berjalannya waktu, kita mulai jauh dari habitat kita, yaitu menjalin hubungan yang kuat dengan industri. Keterbatasan Polimdo dalam pendanaan dan keahlian serta pengetahuan keterampilan teknologi akan terisi dengan baik oleh kehadiran BUMN,” terangnya.

“Adik-adik mahasiswa manfaatkan momentum yang bersejarah ini. Dan selamat kepada mahasiswa yang telah mendapatkan beasiswa BUMN semoga dapat menginspirasi teman-teman yang lain untuk terus berusaha menoreh prestasi dalam bidang akademik maupun non akademik,” tambahnya.

Lebih dari 1500 mahasiswa Politeknik Negeri Manado antusias menghadiri kegiatan BUMN Goes to Campus yang diinisiasi oleh Kementerian BUMN, Bank BTN, IFG dan IDSurvey.

Rangkaian acara BUMN Goes to Campus ini salah satunya adalah talkshow dan inspiring talk yang dibawakan oleh 5 narasumber inspiratif. Pada kesempatan ini pula mahasiswa Politeknik Negeri Manado dapat mengunjungi 10 booth edukasi interaktif dari perusahaan BUMN yaitu : Bank BTN, IFG, IDSurvey, Telkomsel, Pelindo, Angkasa Pura I, ASDP, Pegadaian, Bank Mandiri dan Bank BRI. Pada booth tersebut terdapat berbagai informasi terkait profil perusahaan BUMN, serta informasi terkait magang di BUMN.

Turut hadir sebagai pemateri antara lain Principle MDI Ventures Faizal Ikram, Kanwil V BTN Paulus Simanjuntak, Kepala Cabang JASINDO Manado Rudolph Salawati, dan Presidium Ikatan Alumni PPI Dunia Febry Dien, dan Wakil Direktur Bidang Keuangan dan Umum Susy Marentek.

(sbc)

Komentar