oleh

Makna Kebaya Merah Risma di Pelantikan Menteri, PDIP: Semangat Kerja-Berani

SULUTBICARA.com – Tri Rismaharini (Risma) mengenakan pakaian berwarna merah saat dilantik sebagai Menteri Sosial (Mensos) oleh Presiden Jokowi. PDIP pun memberi tanggapan mengenai nuansa merah yang dikenakan Risma.

Ketua DPP PDIP, Djarot Saiful Hidayat menyebut Risma merupakan salah satu Ketua DPP Partai PDIP. Ia menjelaskan warna merah menunjukkan bentuk semangat, keberanian, serta kerja keras untuk membela rakyat kecil.

“Ibu Risma itu ketua DPP Partai (PDIP) dan warna merah menunjukkan jiwa dan semangat kerja keras serta keberanian untuk melayani membantu dan membela wong cilik,” kata Djarot kepada detikcom, Rabu (23/12).

Seperti diketahui, Tri Rismaharini telah resmi dilantik menjadi Menteri Sosial hari ini. Saat dilantik, Risma tampak anggun mengenakan kebaya berwarna merah.

Pantauan detikcom, pelantikan dilakukan langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, Jakarta, Rabu (23/12). Risma dilantik bersama 5 menteri baru lainnya.

Politikus PDI Perjuangan itu tampak hadir di pelantikan mengenakan kebaya merah. Kebaya merah itu dipadukannya dengan kerudung berwarna merah dan masker hitam. Warna merah sendiri identik dengan ciri khas PDIP.

Risma dilantik menggantikan Juliari Batubara. Juliari sebelumnya terkena operasi tangkap tangan (OTT) terkait dugaan suap bantuan sosial.

Usai dilantik Tri Rismaharini (Risma) menyampaikan perintah Jokowi kepadanya. Perintah itu mencairkan bantuan sosial (bansos).

“Yang diperintahkan oleh Bapak Presiden (Jokowi), yang pertama ini yang sangat urgen adalah bagaimana realisasi bantuan untuk yang triwulan 4 dan nanti awal 2021 Januari, itu minggu pertama harus bisa keluar,” kata Risma di Istana Negera, Jalan Veteran, Jakarta Pusat, Rabu (23/12).

Dengan cairnya bantuan sosial, maka ekonomi nasional bisa bergerak. Penyaluran bansos akan dilakukan secara tepat lewat pendataan yang baik, bekerjasama dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kemendagri.

“Kita akan lakukan dengan transparan, tidak ada lagi cash, tunai dalam bentuk apapun. Tapi kami akan gunakan semua transaksi secara elektronik,” kata Risma soal rencananya ke depan, setelah perbaikan data lewat kerjasama dengan Disdukcapil Kemendagri.

Berikut enam menteri baru di kabinet Jokowi-Ma’ruf:

1. Tri Rismaharini (Risma) ditunjuk sebagai Menteri Sosial

2. Sandiaga Salahudin Uno ditunjuk sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

3. Budi Gunadi Sadikin ditunjuk sebagai Menteri Kesehatan

4. Yaqut Cholil Qoumas ditunjuk sebagai Menteri Agama

5. Wahyu Sakti Trenggono ditunjuk sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan

6. M Luthfi ditunjuk sebagai Menteri Perdagangan

(detik.com)

Komentar