oleh

Gelar Pengabdian, Polimdo Bekali Jemaat GMIM Kalvari Bengkol Tentang Teknologi

MANADO, SULUTBICARA.com

Politeknik Negeri Manado (Polimdo) menggelar kegiatan pengabdian kepada masyarakat di GMIM Kalvari Bengkol, yang berada di Kelurahan Bengkol, Kecamatan Mapanget, Kota Manado pada tanggal 2-3 Juli 2022.

Adapun kegiatan yang mengangkat tema “PKM Seminar Parenting Komunikasi Efektif Orangtua, Remaja dan Pemuda Gereja” ini diketuai Dr Jerry Purnama STh MSi MPdK dari Jurusan Teknik Mesin dan Venny Ponggawa SST MT dari Jurusan Teknik Komputer Polimdo.

Ketua tim pengabdian Dr Jerry Purnama STh MSi MPdK menjelaskan bahwa kegiatan diikuti oleh puluhan peserta yang terdiri dari remaja, orang tua dan tokoh gereja untuk seminar,

“Kami juga menyiapkan jemaat untuk mengikuti sosialisasi pengunaan teknologi IT dan internet yang sehat dan bermanfaat serta mengkoordinir anak anak remaja dalam mengikuti demonstrasi dampak negatif menggunakan internet yang tak benar,” tukas Purnama, Jumat (08/07/2022).

Menurutnya, dalam kegiatan tersebut didapati bahwa remaja menunjukan sikap lebih mencintai online-game dan turunannya dibandingkan dengan mencintai keluarga serta gereja.

“Perkembangan digital saat ini telah memberikan pengaruh besar dalam kehidupan masyarakat termasuk dalam pola sikap dan tindakan remaja,” ungkapnya.

Dikatakanya, untuk mengatasi masalah ini penting melaksanakan sosialisasi dan seminar penggunaan teknologi digital secara sehat dan bermanfaat serta seminar peran orang tua dan gereja bagi pertumbuhan jiwa dan psikologi remaja.

“Parenting untuk membangun komunikasi yang efektif antara orang tua dan remaja menjadi sasaran utama dalam PKM ini,” katanya.

Ditambahkan, bahwa target luaran dari kegiatan PIM ini adalah dua puluh orang  remaja lebih bijak dalam menggunakan teknologi digital, dan orang tua memiliki kemampuan parenting yang ditandai dengan kemampuan membangun komunikasi efektif dengan anak remaja.

“Selain itu memperkuat pemahaman bahwa teknologi digital sudah tak dapat dipisahkan dengan aktifitas manusia termasuk anak – anak remaja,” jelasnya.

“Anak – anak remaja harus diperkenalkan dan diarahkan dengan teknologi digital agar mereka lebih siap beradaptasi dengan kemajuan di era komputerisasi ini. Termasuk didalamnya mengarahkan orang tua dan anak – anak remaja menggunakan teknologi IT dan internet secara benar dan sehat,” tambahnya.

(sbc)

Komentar