oleh

Polimdo Tuan Rumah Forum Wakil Direktur 1 Politenik se-Indonesia

MANADO, SULUTBICARA.com

Ketua Forum Wakil Direktur Bidang Akademik Politeknik Negeri se-Indonesia, Nunung Martina, ST MSi ingatkan seluruh Wakil Direktur Bidang Akademik Politenik Negeri Se-Indonesia untuk memikirkan nasib anak bangsa.

“Siapkan waktu, dekat-dekat ini kita akan membahas nasib anak bangsa kita, yang akan bergabung di Politenik. Pertemuan kita melalui  online,” ujarnya di Ruangan Teater Politeknik Negeri Manado, Rabu (28/09/2022).

Direktur Politeknik Negeri Manado, Dra Mareyke Alelo MBA  menyambut baik kunjungan Wakil Direktur Bidang Akademik Politeknik Negeri se-Indonesia di Politeknik Negeri Manado. “Forum Wadir Satu ini adalah sarana untuk kita belajar dan berbagi, makasih atas kunjungannya,” terangnya.

Ia menambahkan, di Politeknik Negeri Manado ada cafe yang sudah disediakan, dimana semua dikerjakan oleh mahasiswa, atas kontrol dari tenaga pendidik. “Kafe yang kami bangun ini, digemari oleh banyak pihak, dibuktikan dengan banyaknya pengunjung yang mampir dari luar,” ungkapnya.

“Bukan itu saja, kami juga memiliki Galeri Investasi yang menyediakan berbagai produk karya mahasiswa,”ujarnya sembari menyebut kualitas produk mahasiswa masih akan dikembangkan.

Kemudian, di Politeknik Negeri Manado ada POLIMART. POLIMART ini dikelolah oleh mahasiswa, baik mencari produknya, konsumennya, menghitung keuntungan dan kerugiannya, semua diatur oleh mahasiswa, dalam pantauan tenaga pendidik. “Sampai saat ini, keuntungan di POLIMART sebesar 160 juta,” imbuhnya.

“Kami banyak belajar dari  Politeknik Negeri lainnya, dan pembelajaran itu sudah kami terapkan, yakni adanya Mebel. Mahasiswa sudah diajarkan untuk membuat tempat duduk, meja, maupun mimbar dan sebagainya,” ucapnya.

Lanjut Alelo, Politenik Negeri Manado saat ini  menerapkan Based Learning, dengan melibatkan langsung mahasiswa dengan perkejaan yang nyata. “Kita sudah tidak ada lagi ujian semester, semuanya dilakukan dengan membimbing, dan mengajarkan mahasiswa untuk terjun langsung ditengah-tengah masyarakat,” sambungnya.

Sedangkan, Wakil Direktur Bidang Akademik Politenik Negeri Manado, Dr. Tineke Saroinsong SST MEng menambahkan. “Kami sangat senang Bapa-Ibu bisa hadir di Kampus kami. Perlu diketahui, di Politeknik Negeri Manado ada 6 Jurusan, yakni Teknik sipil, Teknik Mesin,Teknik Elektro. Sedangkan, perniagaan ada Administrasi Bisnis, Akuntansi dan Pariwisata, dengan 19 program studi (Prodi),” tutur ketua panitia penyelenggara Forum Wakil Direktur 1 Politenik Se-Indonesia selama 3 hari, di Hotel Aryaduta Manado, Senin-Rabu (26-28/09/2022).

Selanjutnya, ada 2 studi masih diusulkan, di Pariwisata ada prodi yang akan bekerjasama dengan ILO. Sedangkan  Teknik Mesin, ada prodi yang kerjasama langsung dengan Swiss.

Terlihat 44 perwakilan Bidang Akademik Politeknik Negeri  Se-Indonesia, yang berkunjung di Kota Manado untuk mengikuti forum Wadir 1 Politenik se-Indonesia.

(sbc)

Komentar