oleh

Prodi Sarjana Terapan Teknik Informatika Polimdo Kembangkan Gerai Pariwisata Digital di Desa Budo

MANADO, SULUTBICARA.com

Prodi Sarjana Terapan Teknik Informatika Politeknik Negeri Manado (Polimdo) memberikan Pendampingan dan Pemberdayaan usaha mikro kecil menengah (UMKM) dengan membuat Produk Gerai Wisata secara digital di Desa Budo, Kecamatan Wori, Kabupaten Minahasa Utara, pada 22 September 2022.

Dijelaskan Ketua Tim Pengabdian, Harson Kapoh, Desa Budo merupakan desa pariwisata binaan Politeknik Negeri Manado. Untuk itu, Teknik Informatika mengimplementasikan ilmu pengetahuan di Bidang Teknologi Informasi yang dapat di gunakan menunjang Pariwisata yang ada di Dea Budo.

“Desa ini merupakan lokasi strategis wisata, karena berhadapan dengan Pulau Bunaken yang terkenal di dunia dan memiliki spot spot wisata yang menarik seperti dermaga Desa Budo dan hutan mangrove yang terjaga dengan baik,” ujar Kapoh, Senin (03/10/2022).

Menurutnya, gerai digital tersebut memiliki beberapa keunggulan yaitu menampilkan spot spot wisata, jalur-jalur wisata sampai menampilkan gerai digital umkm yang ada di Desa Budo.

“Seperti kuliner dan produk produk buah tangan yang dihasilkan masyarakat desa budo dan transaksi sambungnya,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Jurusan Teknik Elektro Polimdo, Olga Engelien Melo berharap apa yang di hasilkan melalui Pengabdian masyarakat ini dapat membawa manfaat bagi kemajuan Pariwisata Desa Budo dan membawa dampak ekonomi di Sulawesi Utara.

Dilain pihak, Hukum Tua Desa Budo, Lisbet Lintogareng menyambut baik kegiatan Pengabdian masyarakat ini dilakukan Polimdo bersama mahasiswa Produ Sarjana Terapan Teknik Informatika.

“Kegiatan pengabdian ini merupakan penghargaan bagi Pemdes dan masyarakat Desa Budo. Untuk pengelolaan gerai pariwisata ini akan dijalankan bersama BUMDES,” jelasnya.

(sbc)

Komentar