oleh

Trah Paruntu-Wongkar Ramaikan Pileg 2024, Petahana Dapil I Minsel Terancam

AMURANG, SULUTBICARA.com

Perebutan kursi legislatif di DPRD Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) mulai memanas. Sejumlah muka baru diyakini bakal menghiasi persaingan di Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024 nanti.

Mereka datang dari berbagai latar belakang. Mulai dari mantan kepala daerah, eks birokrat, pengusaha, hingga anak-anak pejabat atau tokoh masyarakat.

Misalnya saja di Dapil I Minsel yang mencakup Kecamatan Amurang, Amurang Barat, Amurang Timur. Persaingan merebut jatah tujuh kursi yang dimiliki di dapil ‘neraka’ tersebut akan diramaikan dengan beberapa nama baru. Seperti Eldo Wongkar yang merupakan anak dari Bupati Minsel Franky Wongkar dan Ezekiel Paruntu Stuart yang merupakan ponakan dari mantan Bupati Minsel Tetty Paruntu.

Para incumbent diprediksi seperti Franky Jirro Lelengboto (PDI-P), Royke Kaloh (Demokrat), Paulman Runtuwene (Nasdem), Robby Sangkoy (Golkar) dan Jerry William Pangkey (PDI-P) juga akan kembali bertarung.

Sejumlah masyarakat Minsel menilai, akan terjadi pertarungan sengit antar figur-figur potensial. Mereka menilai majunya kerabat kepala daerah dan mantan kepala daerah, menjadi ancaman serius bagi petahana.

“Mereka (keluarga Kepala daerah dan mantan kepala daerah), memiki basis massa yang rill. Mereka masih memiliki kekuatan untuk mengendalikan suara pemilih,” ungkap sejumlah masyarakat, Jumat (20/01/2023).

Olehnya itu, kehadiran keluarga kepala daerah di manapun dalam kontestasi pemilu, adalah sebuah ancaman yang sangat serius bagi peluang petahana untuk kembali terpilih. “Nampaknya pada pemilu legislatif 2024 kedepan, Dapil Minsel I menjadi primadona bagi figur-figur caleg dari berbagai partai politik,” kata mereka.

(bil)

Komentar