Luar Biasa! Polimdo Canangkan Reformasi Birokrasi dan Zona Integritas

Headline, Sumikolah641 Dilihat

MANADO, SULUTBICARA.com

Politeknik Negeri Manado (Polimdo) mencanangkan Reformasi Birokrasi dan Zona Integritas, untuk mewujudkan Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) dalam pelayanan kepada mahasiswa dan masyarakat.

Direktur Polimdo, Dra Mareyke Alelo MBA mengatakan Polimdo harus berorientasi pada pelayanan. Polimdo harus menjadi perguruan tinggi vokasi yang melayani secara lebih cepat, lebih murah, dan lebih baik, serta sesuai dengan standar yang sudah ditetapkan.

“Semua itu harus dilakukan secara kolaboratif. Bukan hanya tugas Direktur dan Wakil Direktur, tetapi tugas kita semua,” ujarnya Direktur Alelo dalam acara Pencanangan Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi Wilayah Birokrasi Bersih Melayani di Auditorium Prof Rudy Tenda, Senin (13/02/2023).

Koordinator Reformasi Birokrasi Internal Biro Organisasi dan Tata Laksana Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Yudi Pramudianto, SSos mengatakan semua instansi pemerintah menghadapi fenomena masyarakat yang lebih cerdas dan ingin dilayani secara lebih cepat.

“Karena masyarakat yang kita layani berbeda dengan yang dulu, layanan kita harus berubah. Layanan kita harus prima, bermutu, cepat, murah, dan transparan,” katanya.

Karena itu, perlu ada inovasi agar layanan yang diberikan dapat lebih cepat dan mudah diakses. Dalam memberikan pelayanan, tentu ada risiko yang sudah dipetakan. Maka, mitigasi risiko harus ditindaklanjuti, jangan sampai peta risiko hanya menjadi dokumen yang yang tidak pernah ditindaklanjuti.

“Mas Menteri Nadiem Makarim memiliki beberapa pesan, yaitu berharap semua satuan kerja bisa menjadi Zona Integritas, Wilayah Bebas Korupsi, dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani; perubahan harus sesuai dengan kebutuhan pengguna layanan; menganggap penting apa yang dianggap penting oleh pengguna layanan; inovasi perubahan harus kebutuhan; dan apresiasi terpenting adalah yang kita terima dari pengguna layanan,” jelasnya.

Ketua Pembangunan Zona Integritas Polimdo Susy Marentek SE MSA mengatakan acara Pencanangan Reformasi Birokrasi dan Zona Integritas merupakan salah satu bentuk sosialisasi kepada internal dan mitra kerja Polimdo.

“Pelaksanaan Zona Integritas harus dilakukan oleh jajaran pimpinan maupun seluruh sivitas akademika. Karena itu, mohon perkenan Direktur untuk menginstruksikan kepada para Kajur untuk melaksanakan Zona Integritas di semua jurusan,” kata Wadir II Polimdo ini.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut antara Wadir I Dr Tineke Saroinsong SST MEng, Wadir III Selvy Kalele SE MSi, Kajur Akuntansi Ivoletti M Walukow SE MSi, Kajur Pariwisata Dr Bernadain Polii, Bagian Humas dan Kerjasama Stevie Kaligis SE MM AkCA, Pranata Humas dan Analis Kebijakan Toni Alalinti SKom MMKom dan sejumlah pimpinan serta Civitas Polimdo.

(sbc)

Komentar