PLN Bawa Electrifying Lifestyle Sebagai Gaya Hidup Zaman Now di Gorontalo

Daerah689 Dilihat

GORONTALO – Gorontalo Karnaval Karawo (GKK) 2023 sebagai salah satu Kalender Event Pariwisata Gorontalo sukses terselenggara berkat listrik tanpa kedip dari PLN. Event yang masuk dalam jajaran Top 100 Kharisma Event Nusantara (KEN) dari Kementrian Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) itu menampilkan pameran kerajinan karawo, parade dan peragaan busana karawo, hingga lomba mewarnai dan menyulam motif karawo.

Karawo sendiri merupakan kain khas tradisional Provinsi Gorontalo yang sudah sejak lama menjadi primadona handycraft yang terkenal hingga ke mancanegara. Event ini pun tak ayal menjadi kesempatan bagi pelaku Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) kerajinan Karawo untuk dapat mempromosikan produknya. Sebanyak 350 pelaku ekonomi kreatif dan UMKM bepartisipasi pada event ini, serta kurang lebih 5000 pengunjung ikut meramaikan event GKK 2023.

GKK 2023 pun makin meriah karena diselenggarakan bertepatan dengan bulan peringatan HUT Kemerdekaan ke-78 Republik Indonesia. Berbagai nuansa merah putih menghiasi dekorasi booth peserta GKK 2023. Animo pengunjung pun begitu luar biasa untuk melihat berbagai produk yang dipamerkan oleh masing-masing UMKM Karawo yang ada.

PLN Unit Induk Distribusi Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah dan Gorontalo (UID Suluttenggo) melalui Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Gorontalo mengambil bagian di tengah luar biasanya animo masyarakat lokal dan juga wisatawan mancanegara pada event ini. PLN dengan milenialnya mengkampanyekan kembali program electrifying lifestyle sebagai sebuah gaya hidup modern dan efisien dengan memanfatkan listrik pada setiap kebutuhan masyarakat.

Manajer PLN UP3 Gorontalo, Ridjal Abdul Rasyid yang turut hadir pada event tersebut mengungkapkan bahwa ini menjadi kesempatan bagi PLN pula untuk dapat semakin dekat dengan masyarakat yang merupakan adalah pelanggan setia PLN. “Kami ingin semakin dekat dengan pelanggan kami sekaligus juga makin memperkenalkan apa sebenarnya electrifying lifestyle itu,” tutur Rasyid di Gorontalo, 1 September 2023.

Menurutnya electrifying lifestyle adalah sebuah gaya hidup di mana setiap kebutuhan masyarakat sehari-hari yang tadinya menggunakan energi konvensional seperti bahan bakar minyak (BBM) baik itu minyak goreng, bensin, dll dapat digantikan dengan listrik sebagai energi bersih masa depan. Tidak sampai di situ, semua aktifitas di dalam rumah pelanggan pun mulai dari memasak, membersihkan rumah, hingga bisnis rumahan dapat memanfaatkan berbagai alat modern yang menggunakan listrik sebagai sumber energinya.

“Semua gaya hidup dan aktifitas ini menggunakan listrik sebagai sumber energinya dan tentunya anti kotor, aman, serta efisien dari segi biayanya. Jadi listrik memang sudah paten menjadi energi zaman now,” imbuhnya menambahkan.

Selain memperkenalkan gaya hidup electrifying lifestyle, PLN pun memastikan pasokan listrik di lokasi acara dapat terjaga dengan baik demi jalannya setiap rangkaian acara pada event GKK 2023. Untuk memastikan hal tersebut PLN menyediakan sistem tanpa kedip dengan dua lapis back up keandalan, antara lain genset berkapastitas 250 kVA dan Uninterrutible Power Supply (UPS) berkapasitas 200 kVA.

“Layanan listrik tanpa kedip kami hadirkan di sana demi terlaksananya event GKK 2023 dengan baik. Kami sadar bahwa ini bukan event biasa dan masuk dalam KEN 2023 yang tentu saja menjadi wajah Indonesia di kancah dunia. Dan PLN sudah sangat terlatih dalam menjaga keandalan listrik di setiap event besar berskala nasional bahkan internasional,” ungkap General Manager PLN UID Suluttenggo, Ari Dartomo saat diminta keterangannya di tempat terpisah.

(sbc)

Komentar