Lewat Pengabdian, PSTRM Jurusan Teknik Mesin Polimdo Buat Alat Peraga Sistem Kontrol

Sumikolah1094 Dilihat

MANADO – Politeknik Negeri Manado, melalui Jurusan Teknik Mesin belum lama ini membuka Program Studi Teknologi Rekayasa Mekatronika (PSTRM) melalui Program Upgrading yang didanai oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi.

Salah satu proses industri dalam sistem kontrol yang terjadi dalam industri dan dapat diterapkan dalam proses belajar mengajar adalah sistem kontrol pada Mesin Sortir.

Pada penelitian tahun 2018 yang dilakukan oleh Alfred Mekel dan Tineke Saroinsong telah dihasilkan 1 (satu) publikasi internasional di Science and Technology Publication (SCITEPRESS) dengan judul Control System in Crusher and Sorting Nutmeg Seed Machine based on Arduino Uno.

“Alat peraga sistem kontrol ini dapat diaplikasikan untuk mata kuliah teori mikrokontroler, sensor dan pemrosesan sinyal, dan juga untuk mata kuliah praktik elektropneumatik,” tukas dosen Jurusan Teknik Mesin Polimdo, Alfred Mekel, Kamis (30/11/202).

Menurutnya, berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dalam Program Penerapan Usaha Produk Inovasi Vokasi (PUPIV) ini akan dibuat dan didesiminasikan alat peraga sistem kontrol.

Dia juga menjelaskan, bahwa kegiatan tersebut dilaksanakan guna mewujudkan Tridarma Perguruan Tinggi melalui kegiatan pengabdian.

“Alat peraga sistem kontrol juga digunakan sebagai salah satu alat peraga praktikum di Laboratorium Jurusan Teknik Mesin Polimdo, khususnya Program Studi Teknologi Rekayasa Mekatronika,” tambahnya.

(sbc)

Komentar