Pakai Mobil Listrik, Bupati Gorontalo Terdepan Kampanyekan Kendaraan Ramah Lingkungan

Daerah150 Dilihat

GORONTALO  – PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Gorontalo mengapresiasi Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo sebagai pelopor ekosistem mobil listrik di Gorontalo. Merespon itu, Bupati Nelson Pomalingo menyampaikan terima kasih atas apresiasi dari PLN. Ia mengatakan bahwa penggunaan mobil listrik merupakan komitmennya untuk menjaga kelestarian lingkungan.

“Saya yakin bahwa mobil listrik merupakan kendaraan masa depan yang lebih ramah lingkungan. Saya berharap langkah saya ini dapat diikuti oleh masyarakat Gorontalo lainnya,” ujar Nelson, Selasa (26/03/2024).

General Manager PLN Unit Induk Distribusi Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah dan Gorontalo (UID Suluttenggo), Ari Dartomo mengatakan apresiasi ini diberikan karena tidak mudah untuk dapat beralih dari kebiasaan menggunakan kendaraan konvensional menjadi kendaraan listrik.

“Bupati Nelson menggunakan mobil listrik sebagai kendaraan dinasnya sejak April 2022, sebelum Presiden Joko Widodo mengeluarkan Instruksi Nomor 7 Tahun 2022 tentang Percepatan Penguatan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai,” ucap Dartomo.

Hal ini tentunya kembali membuka kesadaran kita akan pentingnya mobil listrik sebagai kampanye pelestarian lingkungan untuk generasi di masan yang akan datang.

“Bapak Bupati tentunya menjadi teladan bagi kita semua yang sadar betul bagaimana beralih ke kendaraan listrik akan sangat membantu dalam melestarikan lingkungan dari bahaya polusi udara,” jelas Dartomo.

Ditambahkan Manager PLN UP3 Gorontalo, Rudiyanto Loleh, bahwa Bupati Nelson adalah salah satu pengguna pertama mobil listrik di Gorontalo.

“Kami mengapresiasi langkah Bupati Nelson yang telah menjadi contoh bagi masyarakat Gorontalo dalam penggunaan mobil listrik. Penggunaan mobil listrik merupakan salah satu upaya untuk mengurangi ketergantungan terhadap bahan bakar fosil dan mengurangi emisi gas rumah kaca,” kata Loleh.

Rudiyanto Loleh menjelaskan bahwa PLN siap mendukung upaya pemerintah dalam mendorong penggunaan kendaraan listrik di Indonesia, termasuk di Gorontalo.

PLN akan terus meningkatkan infrastruktur kelistrikan, termasuk jaringan listrik dan fasilitas pengisian daya kendaraan listrik lewat Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU). Saat ini, PLN telah menyediakan 16 SPKLU dan Stasiun Penyedia Listrik Umum (SPLU) di Gorontalo untuk mengakomodir pengisian daya listrik untuk kendaraan listrik. Jumlah ini akan terus  meningkat seiring dengan meningkatnya minat masyarakat terhadap kendaraan listrik.

(sbc)

Komentar