PLN Siapkan Skema Jaga Keandalan Listrik Jelang Idul Fitri

Daerah736 Dilihat

MANADO – PLN Unit Induk Distribusi Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah dan Gorontalo (UID Suluttenggo) sigap bergerak untuk memastikan keandalan listrik selama Idul Fitri 1445 Hijriah.

Untuk memastikan hal tersebut, PLN pun menggelar apel siaga menandai dimulainya masa siaga kelistrikan selama momen Idul Fitri yang dipimpin langsung oleh Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo pada Sabtu (06/04/2024).

General Manager PLN UID Suluttenggo Ari Dartomo menyampaikan bahwa PLN berkomitmen menjaga layanan listrik bagi masyarakat tetap andal. Dalam skema siaga, seluruh petugas PLN sigap mengawal kelistrikan 1×24 jam agar masyarakat dapat merasakan kenyamanan dalam menikmati layanan listrik selama momen libur lebaran.

“Seluruh petugas kami tidak ada yang libur, kami pastikan mereka _stand by_ dan bersiaga demi memastikan keandalan dan kenyamanan layanan listrik kami,” jelas Dartomo.

Dartomo pun mengatakan seluruh sistem kelistrikan di wilayah kerja PLN UID Suluttenggo yang meliputi Provinsi Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah dan Gorontalo dalam kondisi aman dan andal. Ia pun menyampaikan bahwa PLN sangat mengapresiasi partisipasi dan doa masyarakat semoga PLN tetap memberikan pelayanan terbaik meskipun di tengah-tangah musim penghujan.

“Kami ingin memastikan sistem kelistrikan kami benar-benar siap dan jauh dari berbagai risiko gangguan ataupun kerusakan,” tutur Dartomo.

Saat ini total daya mampu listrik di sistem suluttenggo mencapai 951,56 MW (Mega Watt) dengan beban puncak terpantau 790,24 MW. Cadangan daya listrik pun terpantau sangat mampu dalam memenuhi kebutuhan listrik pada momen Idul Fitri tahun ini dengan angka 143,94 MW pada sistem SulutGo.

“Berbagai persiapan dari mulai petugas hingga alat pendukung kami siapkan optimal dalam menjamin keandalan listrik yang ada,” kata Dartomo.

Dalam memastikan hal tersebut PLN UID Suluttenggo pun menyiagakan 50 posko dengan 58 titik lokasi prioritas. Sebanyak 2192 personil bersama 38 personil PDKB siap untuk menjamin keandalan listrik menyambul Idul Fitri 1445 H. Terdapat pula peralatan pendukung berupa 133 Mobil Dinas Gangguan, 196 Motor Dinas Gangguan, 4 unit Crane, 45 Unit Gardu Bergerak (UGB), 3 Unit UPS, 59 Unit Genset dan 10 unit SPKLU di 9 Lokasi.

“Kami _all out_ dan mengontrol ketat 1 x 24 jam dari Posko Siaga mulai dari mitigasi berbagai potensi risiko gangguan pada jaringan kami hingga penjagaan khusus pada gardu-gardu distribusi yang memasok lokasi prioritas,” ujar Dartomo.

Dartomo pun mengajak masyarakat untuk dapat menggunakan listrik dengan aman agar terhindar dari berbagai bahaya kelitrikan yang dapat mengancam keselamatan.

“Mari gunakan listrik dengan bijak agar momen lebaran ini dapat kita jalani dengan penuh syukur dan sukacita,” tutup Dartomo.

(sbc)

Komentar