Jurusan Teknik Mesin Polimdo dan PT Trakindo Bahas Link and Match

Sumikolah786 Dilihat

MANADO – Jurusan Teknik Mesin Politeknik Negeri Manado (Polimdo) melakukan program Link and Match dengan Industri PT Trakindo Utama Manado, Rabu (17/04/2024).

Link and Match dilakukan Polimdo setelah mengikuti Program Praktisi Mengajar dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan Riset dan Teknologi tahun 2024.

Polimdo menampilkan praktisi mengajar Dr Tineke Saroinsong SST MEng yang juga Wakil Direktur Bidang Akademik kala berkunjung di PT Trakindo Utama.

Program ini memungkinkan mahasiswa langsung terjun ke praktik industri.

Mahasiswa fokus pada materi kuliah Sistem Hidrolik dan Alat Berat dengan pengajar berasal dari alumni Jurusan Teknik Mesin Polimdo.

Pelatihan ini dapat meningkatkan mutu pendidikan dan keterampilan, terutama dalam bidang kejuruan. Seperti sistem hidrolik, vital dalam alat berat guna memberikan keunggulan kompetitif bagi para pendidik dan peserta didik.

Kolaborasi pengajar Industri dan pengajar Polimdo dilakukan dengan proses seleksi pusat.
“Puji Tuhan, tahun ini ada 18 kelas mata kuliah kolaborasi yang lolos,” ujar Wakil Direktur Akademik Politeknik Negeri Manado, Dr Tineke Saroinsong SST MEng.

Dari 18 kelas kolaborasi, lanjut Tineke, ada 2 mata kuliah di jurusan Teknik Mesin, yaitu Mata Kuliah Pneumatik Hidrolik dan Mata Kuliah Alat Angkat dan Alat Berat.

Tineke sendiri merupakan pengajar Mata kuliah Pneumatik Hidrolik yang berkolaborasi dengan pengajar Industri (Alumni Teknik Mesin) Hendra Mokodongan dan Alhert Tangka.

Ia menjelaskan kedua Mata Kuliah ini sangat erat aplikasinya di dunia Industri yang banyak menggunakan sistem Hidrolik dan Alat Angkut dan Alat berat, salah satunya adalah PT Trakindo Utama Manado.

“Terimakasih atas dukungan dan kerjasama PT Trakindo Utama Manado sudah berbagi Ilmu di lapangan kepada Mahasiswa Jurusan Teknik Mesin Polimdo,” ucap Wadir Tineke.

“Terimakasih juga PT Trakindo Utama Manado mempercayai/pengguna lulusan kami,” sambungnya.

Wadir Tineke berharap kerjasama ini akan terus terjalin link and match antara Industri dan Polimdo untuk capaian Pembelajaran mahasiswa agar menghasilkan sumber daya unggul dan kompeten.

Apalagi mahasiswa sangat antusias belajar langsung di lapangan yang real, melihat langsung di Industri.

“Dalam waktu dekat (minggu depan), PT Trakindo akan datang berkunjung di Politeknik Negeri Manado,” ujarnya.

(sbc)

Komentar