Pediatric Cardiology Update XII, Momentum Transfer Pengetahuan Bagi Dokter di Indonesia Timur

Headline715 Dilihat

MANADO – Penyakit jantung bawaan saat ini menjadi permasalahan yang membutuhkan perhatian khusus. Bila tidak ditangani dengan tepat dapat mengganggu pertumbuhan dan perkembangan anak. Petugas kesehatan saat ini dituntut memiliki kemampuan untuk mendeteksi penyakit jantung bawaan dan memberikan penanganan yang kompreherensif. Berlatarbelakang hal tersebut, UKK Kardiologi IDAI bekerja sama dengan RSUP Kandou menyelenggarakan Pediatric Cardiology Update (PCU) XII.

Ketua Panitia PCU XII, Dr dr Erling David Kaunang SpA(K) menjelaskan bahwa Workshop Intervention Consultant menampilkan para ahli terkemuka dalam bidang ini. Menurutnya, peserta berkesempatan untuk belajar langsung dari praktisi-praktisi terbaik dalam teknik intervensi terbaru untuk kasus-kasus yang kompleks secara live.

“Kegiatan ini menjadi platform penting bagi pertukaran pengetahuan antara para profesional medis, serta memperkuat jejaring kolaborasi dalam upaya meningkatkan kualitas perawatan kesehatan Jantung anak di Indonesia,” terang dr David di gedung Cardio Vasculer Brain Center (CVBC) lantai 4 RSUP Kandou, Selasa (30/04/2024).

Lanjut, dr David juga menyampaikan bahwa Workshop Consultan Cardiologi dikhususkan untuk dokter-dokter konsultan jantung anak dan diberikan ilmu-ilmu yang terupdate.

“Sehubungan dengan pelayanan jantung anak, diantaranya ada intervensi jantung anak berupa tindakan intervensi untuk kelainan jantung bawaan (penutupan jantung bocor) atau penutupan devec atau kelainan jantung,” tambah Ketua Komite Medik RSUP Kandou ini.

Sementara itu, Ketua UKK Kardiologi IDAI, dr Rizky Adriansyah MKed (Ped) SpA(K) memberikan apresiasi dan terima kasih kepada RSUP Kandou.

“Kegiatan ini sudah kita rencanakan dari tahun yang lalu sejak terakhir dilakukan di Bali, dan tentunya kami berharap layanan jantung anak berkembang, tidak hanya di Indonesia bagian barat, tapi juga di Indonesian bagian timur,” katanya.

Dilain pihak, Dirut RSUP Kandou Dr dr Ivonne Rotty MKes menyambut baik kegiatan Pediatric Cardiology Update.

“Kami berharap krgiatan ini dapat lebih meningkatkan  pengetahuan sekaligus kompetensi para peserta dalam tatalaksana terkini penyakit jantung pada bayi dan anak secara komprehensif yang dijumpai pada praktik sehari-hari di RSUP Kandou,” harapnya.

(sbc)

Komentar