Hujan Abu Vulkanik Gunung Ruang Guyur Sejumlah Wilayah di Manado, RSUP Kandou Imbau Gunakan Masker

Headline795 Dilihat

MANADO – Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi Kementerian ESDM kembali mencatat aktivitas Vulkanik Gunung Ruang mengalami peningkatan pada, Selasa (30/4/2024) pagi ini. Dengan begitu, status Gunung Ruang dinaikkan kembali hari ini menjadi Level IV (AWAS).

Aktivitas Gunung Ruang terus berfluktuasi, pasca erupsi paroksimal tanggal 17 April 2024, aktivitas erupsi mengalami penurunan. Pada tanggal 22 April 2024 pukul 09.00 WITA, tingkat aktivitas Gunung Ruang diturunkan dari Level IV (AWAS) ke Level III (Siaga) dan dinaikkan kembali hari ini menjadi Level IV (AWAS).

Untuk itu, RSUP Kandou memberikan peringatan terkait potensi hujan abu dan mendorong warga untuk menggunakan masker guna melindungi sistem pernafasan mereka.

“Jika terjadi hujan abu, kami mengimbau warga juga menggunakan masker untuk mencegah penyakit pernafasan,” kata Direktur Utama, Dr dr Ivonne Elisabeth Rotty MKes, Selasa (30/04/2024).

“Dengan adanya hujan abu, diimbau kepada seluruh masyarakat Lumajang dan sekitarnya untuk memakai masker saat di luar ruangan dan selalu tetap waspada,” tambahnya.

(sbc)

Komentar