oleh

Bridge Online, Salah Klik Tapi Hasilnya Bagus

BERMAIN bridge online punya kelemahan tersendiri terutama untuk para lansia. Keyboard yang kecil terutama jika bermain dari HP serta kolom bidding yang cukup kecil ukurannya membuat yang tidak hati-hati bisa salah klik.

Utara pass, penulis yang duduk di Timur kemudian tanpa sadar bid 1S yang tentu saja salah karena seharusnya bid 1H. Ini bisa terjadi bukan saja di bidding tapi juga dalam play dan defense. Semalam saat ikut latihan di Mampang Bridge Online penulis melakukan itu.

Tadi penulis pegang : S 65 H AK1082 D 984 C KJ6. Papan no 5 dan bid 1S. Lawan sebelah kiri pass dan munculah dari partner bid 3C yang artinya Tanya pendek karena fit S.

Terpaksa konsekwen memberitahukan tidak ada pendek dengan bid 3S. Partner cue-bid 4C dan terpaksa juga harus sign off 4S dan menjadi kontrak akhir.

Beruntung setelah dummy terbuka kontrak 4S tidak terlalu jelek karena kartunya S KQ1098 H Q3 D QJ2 C AQ5.

Lawan lead H6 dimana penulis sebagai declarer menang H10 kemudian main spade potong dengan angka S8 berhasil. Ke tangan dengan CJ terus main spade lagi dan S9 menang. Lanjutkan SK dimana barat menang SA dan bermain aman serang C. Penulis cabut trump terakhir, unblock HQ kemudian ke tangan dengan CK dan claim kontrak 4S+2.

Pegangan barat : SAJ32 H J76 D K103 C 1073

Dari kejadian ini terlihat nyata dalam permainan bridge terutama dalam pertandingan match-point atau disini dikenal sebagai top-bottom keberuntungan cukup menentukan keberhasilan.

Memang tidak cukup hanya itu saja tapi teknik bidding, play dan defense juga harus menunjang.

Normalnya kalau sudah salah klik hasilnya lebih besar kemungkinan bottom. Jadi kalau sekali-sekali beruntung itu karena nasib baik saja.

Dari papan ini justru pasangan kami mendapat Top mutlak sehingga membantu menjadi peringkat kedua dibawah Henky S/Dadang K yang meraih 66.11 %. Penulis dengan Tracy Polii diperingkat kedua meraih 65.55% dan diperingkat 3 Yuriga Bojoh/Ronny Lontoh yang mengumpulkan 59.72%.

Karena lawan bertanya kenapa 1S tidak di alert dan belum sempat dijawab sudah pindah, mudah-mudahan jadi mengerti apa yang terjadi. (*)

Komentar

Terkait