oleh

Perhatikan, Berapa Lama Masker dan Face Shield Harus Diganti

JAKARTA, SULUTBICARA.com – Junior Doctors Network Indonesia Zainah Fitriah mengatakan, menggunakan masker dan face shield merupakan bentuk penerapan protokol kesehatan. Namun, menurut dia, hal yang tidak kalah penting yakni memahami cara penggunaannya.

“Kalau masker paling lama 4 jam harus sudah diganti apalagi kalau maskernya masker bahan akan menimbulkan basah dan lembab itu akan berisiko menimbulkan jamur,” ucap Zaihan Fitriah dalam diskusi di Graha BNPB, Minggu (12/7/2020).

Zainah mengatakan, waktu pemakaian face shield juga penting untuk diketahui agar tetap steril digunakan. Selain itu, face shield dapat dicuci sebelum digunakan kembali.

“Kalau untuk face shield sendiri sih sebenernya untuk pemakaian sampai 6 jam tidak ada masalah,” ucap Zainah.

“Kalau kita ada di tempat-tempat yang memang sangat rawan sekali setelah kita keluar dari daerah yang rawan itu ada baiknya kita ganti ataupun kita cuci,” ucap Zainah.

Sementara itu, Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Virus Corona Achmad Yurianto mengingatkan pentingnya penggunaan masker untuk mencegah penularan Covid-19. Ia mengatakan, berdasarkan penelitian, penularan Covid-19 kebanyakan terjadi karena seseorang tidak mengenakan masker saat di luar rumah.

“Salah satu faktor yang menyumbang kasus positif terbanyak adalah ketidakdisiplinan menggunakan masker. Karena itu, kami mengingatkan gunakan masker. Gunakan masker yang nyaman,” ucap Yurianto. Selain itu, Yurianto mengatakan, penggunaan pelindung wajah atau face shield tanpa masker tidak akan memberikan perlindungan yang utuh.

Ia menegaskan, masker tetap wajib dipakai meski sudah menggunakan face shield. “Kami mengibaratkan penggunaan face shield tanpa masker, ibarat orang yang hanya menggunakan payung yang bisa melindungi tetesan air dari atas tapi tidak melindungi dari samping,” kata Yuri.

“Karena itu tetap gunakan masker sebagai pengaman. Ibaratnya menggunakan jas hujan yang penuh sehingga tidak hanya tetesan dari atas, tapi dari samping juga kita bisa hindari,” ucap dia.

(kompas/sbc/*)

Komentar

Terkait