oleh

Gunakan Database, PKM Polimdo Gelar Pelatihan Pengelola Data Publik di Desa Talawaan

MANADO, SULUTBICARA.com – Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) Prodi Teknik Informatika, Jurusan Teknik Elektro, Politeknik Negeri Manado (Polimdo) menggelar pelatihan pengelolaan data publik menggunakan database bagi pengelola administrasi publik di Jaga I, Desa Talawaan, Kecamatan Talawaan Minahasa Utara (Minut) belum lama ini.

Ketua PKM Anritsu Polii SST MT mengatakan bahwa dilaksanakan kegiatan tersebut dengan tujuan untuk membekali para pengelola administrasi di wilayah kerja mitra memiliki ketrampilan mengelola adminstrasi publik menggunakan teknologi database.

“Para pengelola administrasi publik yang didalamnya meliputi pengurus organisasi gereja dan masjid, pengurus rukun sosial, pengurus posyandu dan LKMD perlu dibekali dengan ketrampilan ini karena pentingnya data baik untuk keberlangsungan organisasi maupun kebutuhan external seperti untuk kepentingan pertanggungjawaban ke masyarakat dan stake holder yang berkepentingan,” ungkap Polii, Jumat (25/09/2020).

Disisi lain bagi mahasiswa kegiatan PKM ini bertujuan membekali mahasiswa dengan sikap moral untuk mampu beradaptasi dengan masyarakat dalam mengaplikasikan ilmu dan ketrampilan yang telah dimiliki.

Nampak pemberian bantuan beras kepada masyarakat setempat.

“Target dari kegiatan PKM ini adalah Jaga I Desa Talawaan Kecamatan Talawaan Minahasa Utara akan menjadi wilayah teladan dalam pengelolaan administrasi publik di wilayah Kecamatan Talawaan,” harapnya.

Menurutnya, untuk melaksanakan kegiatan pengabdian ini digunakan metode ceramah, tutorial dan pendampingan. Dia menjelaskan metode ceramah dilaksanakan pada tahapan persiapan dalam bentuk sosialisasi pada masyarakat akan pentingnya data bagi keberlangsungan organisasi sosial maupun kemasyarakatan.

“Sedangkan metode tutorial dilaksanakan baik pada tahapan pembekalan mahasiswa maupun saat kegiatan pelatihan. Demikian juga halnya dengan kegiatan pendampingan yang dikemas sedemikian rupa agar tujuan PKM dapat dicapai secara efektif,” urainya.

Kegiatan pengabdian ini diawali dengan mempersiapkan semua sarana prasarana yang dibutuhkan termasuk mendata peserta yang akan mengikuti program PKM ini.

Ditambahkannya, pembekalan bagi mahasiswa yang akan terlibat dalam kegiatan ini dilakukan setelah tahapan penyusunan modul pelatihan selesai dibuat.

“Pembekalan ini penting artinya untuk mempersiapkan mahasiswa agar mampu beradaptasi dan membangun komunikasi yang baik dengan masyarakat terutama para pengelola administrasi publik,” tambanya.

Diakhir kegiatan Ketua PKM Anritsu Polii SST MT juga memberikan sembako berupa beras kepada masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19.

(wmt)

Komentar

Terkait