oleh

Skema Hospitality-Housekeeping Level VI Polimdo Jadi Acuan Nasional

MANADO, SULUTBICARA.com – Politeknik Negeri Manado (Polimdo) berhasil menyusun skema Hospitality-Housekeeping Level VI. Hasil rumusan skema ini akan dijadikan acuan dunia pariwisata secara nasional.

Ketua Pelaksana Program Rudy Wowiling SE MSi mengatakan sertifikasi KKNI Kualifikasi 6 pada bidang Tata Graha (Housekeeping), merupakan skema sertifikasi KKNI yang dikembangkan oleh Komite Skema Sertifikasi LSP Perguruan Tinggi/Sekolah Tinggi/Program Pendidikan Vokasi.

“Skema sertifikasi ini mengacu pada Skema Sertifikasi Kompetensi Profesi Nasional Berdasarkan ACCSTP dan CATC Sektor Pariwisata Bidang Tata Graha (Housekeeping) yang ditetapkan pada tanggal 4 Desember 2014 oleh Ketua Nasional Sertifikasi Profesi Nasional (BNSP) dan Kementerian Pariwisata,” tukas Wowiling, Senin (07/12/2020).

Menurutnya, skema sertifikasi ini digunakan untuk memastikan dan memelihara kompetensi lulusan Perguruan Tinggi/Sekolah/Pendidikan Tinggi Program Studi Diploma IV Perhotelan atau program studi sejenis dan sebagai acuan bagi LSP dan asesor kompetensi dalam pelaksanaan sertifikasi kompetensi keahlian bidang Tata Graha (Housekeeping).

Adapun stakeholder yang terlibat dalam penyusunan Skema Nasional bidang prioritas Hospitality-Housekeeping Level VI antara lain Ketua LSP-P1 Politeknik Negeri Bali Made Sudiarte, LSP Pariwisata Bali International/IPB International Made Arya Astina, Hotel Grand Puri Manado Hanny Mamoto, Manager Ubud One Managed by Natya Hospitality Hervido Kayely SSTPar, PIC dan anggota Tim Penyusun skema Housekeeping.

(bil)

Komentar