oleh

Lantik Mareyke Alelo Direktur Polimdo, Sekjen Kemendikbud Ingatkan Kampus Merdeka

MANADO, SULUTBICARA.comSekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Ainun Na’im kembali mengingatkan perguruan tinggi untuk menerapkan kebijakan Kampus Merdeka. Hal ini disampaikannya ketika melantik Dra Mareyke Alelo MBA sebagai Direktur Politeknik Negeri Manado (Polimdo), di Jakarta, Selasa (08/12/2020).

Menurut Ainun, kebijakan Kampus Merdeka adalah lompatan besar yang dapat memberikan peluang bagi sistem pendidikan Indonesia untuk berkembang secara lebih fleksibel dalam menghadapi tantangan perkembangan zaman.

Sebagai lanjutan dari konsep Merdeka Belajar, Mendikbud Nadiem Makarim meluncurkan Kampus Merdeka yang terdiri dari empat kebijakan utama.

Pertama, mekanisme kemudahan pembukaan program studi baru. Kedua, perubahan mekanisme sistem akreditasi perguruan tinggi. Ketiga, mekanisme perguruan tinggi negeri menjadi PTN berbadan hukum. Keempat, hak belajar tiga semester di luar program studi.

“Empat kebijakan penting Kampus Merdeka [tersebut] akan mengubah kultur pembelajaran menjadi lebih inovatif,” ungkap Ainun pada sambutannya.

Peran pendidikan tinggi, lanjut Ainun, sangat besar untuk membangun watak dan peradaban bangsa dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa.

“Oleh karena itu, pendidikan tinggi harus senantiasa bersikap inovatif, responsif, kreatif, dan berdaya saing global untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi sekaligus tetap memperhatikan nilai-nilai kemanusiaan,” tegasnya.

Di akhir sambutan, Ainun berharap agar pandemi viruscorona dapat segera berakhir dan kepada para kampus untuk melakukan strategi pencegahan penyebaran virus lebih lanjut.

Diketahui, dalam pemilihan ulang Direktur Politeknik Negeri Manado bersama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang diwakili Direktur Pendidikan Tinggi Vokasi dan Profesi, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Vokasi Dr Beny Bandanadjaja ST MT, Dra Mareyke Alelo MBA berhasil meraih 16 suara, disusul Oktavianus Lintong MSi dan Ir Efendy Rasjid MSi MM.

Turut hadir dalam pelantikan Direktur Polimdo, mantan Direktur Polimdo Ever Slat, Wadir II Olga Melo, Wadir III Willem Gilbert Pomantow SE MSi, Kepala Pusat Penelitian Tineke Saroinsong dan Selvy Kalelenew dan sejumlah dosen.

(jnp)

Komentar