oleh

Hebat! Puluhan Mahasiswa Polimdo Terima Sertifikat Profesi Bertaraf Internasional

MANADO, SULUTBICARA.com – Sebanyak 30 mahasiswa Politeknik Negeri Manado (Polimdo) menerima sertifikat internasional WorldHost 2020-Keeping Customers Safe (Covid-19) dari People First International yang diselenggarakan pada tanggal 18 November 2020 lalu.

Raihan sertifikasi ini sejalan dengan tujuh program prioritas pendidikan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim tahun 2021.

Dengan berlakunya revolusi industri 4.0, sertifikasi berbasis keprofesian dinilai penting guna mendukung serta memberikan pengakuan secara formal untuk bersaing di dunia kerja secara global.

“Tujuan sertifikasi merupakan bagian dari mandatori atau kewajiban bahwa setiap tenaga kerja diwajibkan untuk memiliki sertifikasi sesuai dengan bidang keahliannya yang ditunjukan melalui sertifikat kompetensi,” kata Direktur Polimdo, Dra Mareyke Alelo MBA, Kamis (14/01/2020).

Untuk memperoleh sertifikat tersebut, imbuh Alelo, seseorang yang akan tersertifikasi harus lolos uji sembilan aspek indikator penilain, yakni

Infection prevention, Public transport, Arrival and entrance, Reception and greeting, Interior, Customer interactions, Taking payments, Cleaning and maintenance dan Are you fit to work?.

“Tidak lengkap kalau seseorang hanya memiliki pengetahuannya, tapi tidak memiliki keterampilannya. Demikian juga tidak lengkap kalau seseorang memiliki pengetahuan dan keterampilan tapi sikapnya tidak dibenahi,”  ujarnya.

Dia menargetkan selama massa jabatanya akan ada 1000 mahasiswa yang memperoleh sertifikat internasional sesuai dengan jurusan masing-masing.

“Kegiatan ini bekerjasama dengan ILO dan Kedutaan Inggris. Mahasiswa Polimdo mengikuti kursus daring yang diselenggarakan oleh People First Internasional untuk mendapatkan sertifikat internasional yang dapat digunakan mahasiswa ketika mencari pekerjaan nantinya,” paparnya.

Diketahui, sebagai ahli pengembangan keterampilan dan tenaga kerja terkemuka untuk industri perhotelan, perjalanan, pariwisata, transportasi penumpang, dan ritel, People 1st membantu bisnis meningkatkan kinerja mereka melalui SDM.

Produk dan layanan spesialis People 1st membantu bisnis mengembangkan keterampilan dan keahlian karyawan mereka, sehingga mereka dapat meningkatkan retensi, produktivitas, dan keuntungan.

Dari konsultasi magang hingga pelatihan layanan pelanggan WorldHost yang terkenal di dunia, program ‘melatih pelatih’, intelijen dan wawasan pasar tenaga kerja, serta dukungan manajemen bakat untuk bisnis, untuk mengubah keterampilan dan pengembangan tepat di seluruh ekonomi pengunjung dan seterusnya.

(bil)

Komentar

Terkait