oleh

Dukung KEK Likupang! Polimdo, SMK dan Industri Kembangkan SMK Fast Track

MANADO, SULUTBICARA.com – Seiring penetapan KEK Likupang sebagai salah satu Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) super prioritas, Ditjen Pendidikan Vokasi mendorong SMK dan perguruan tinggi segera meluncurkan program D-2 Fast Track.

Hal ini dengan dilaksanakan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) Program D II Fast Track Usahan Perjalanan Wisata dan Perhotelan antara Industri, SMK dan Politeknik Negeri Manado Jurusan Pariwisata, di Ruang rapat lantai 4 Gedung Kantor Pusat Polimdo, Jumat (25/06/2021).

Direktur Politeknik Negeri Manado (Polimdo), Dra Mareyke Alelo MBA menjelaskan, hal ini untuk meningkatkan kemampuan dan karakter siap kerja, serta siap berwirausaha para lulusannya.

Dengan mengajak industri turut serta dari awal menyusun kurikulum bersama, kata Alelo, lulusan SMK-D2 Fast Track relatif tidak perlu lagi mengikuti pelatihan di industri ketika masa awal bekerja.

“Di sisi lain Polimdo telah siap menjadi mitra program D-2 Fast Track untuk SMK di seluruh Sulawesi Utara. Hal ini ditunjang oleh terciptanya kerjasama dengan DUDI (dunia usaha dunia industri) di Kota Manado, Kota Bitung dan Kabupaten Minahasa Utara,” ujar Alelo.

Untuk mewujudkan program tersebut di KEK Likupang, Direktur menyarankan agar kurikulum pembelajaran di Jurusan Pariwista harus berdasarkan kajian bersama antara pihak industri, SMK, dan Polimdo.

“Ibarat ‘pernikahan’, link and match pada program SMK-D2 Fast Track bisa dikatakan ‘pernikahan segitiga’ antara SMK, Kampus Vokasi, dan pihak industri atau calon pengguna lulusan,” imbuh Alelo.

Sementara itu, Kadis Dikda Sulut dr Grace Punuh MKes berharap melalui program ini akan tercipta sumber daya manusia yang berkualitas.

“Sehingga ke depan bukan orang luar yang menguasai dunia profesional KEK Likupang, tetapi anak-anak Sulut sendiri,” ujar Punuh.

“Dengan demikian penciptaan SDM di Sulut yang unggul, terampil dan berkompeten dapat segera terwujud, demi mendukung visi besar Gubernur Olly Dondokambey dan Wagub Steven Kandouw membangun KEK Likupang menjadi Destinasi Pariwisata Super Prioritas,” tambahnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut antara lain Ketua Jurusan Pariwisata Dr Bernadain Polii SPd MPd, Sekretaris Jurusan Margaretha Warokka SE MBA, Kaprodi Perjalanan Wisata dan Perhotelan, beberapa Kepala SMK dan Industri.

(BIL)

Komentar

Terkait