oleh

Tim PKM Polimdo Gelar Pelatihan Literasi Berbasis Big Book

MANADO, SULUTBICARA.com – Pendidikan anak usia dini merupakan wahana pendidikan yang memberikan kerangka dasar dalam membentuk dan mengembangkan dasar-dasar pengetahuan, sikap dan keterampilan anak.

Menyikapi hal tersebut, Politeknik Negeri Manado (Polimdo) melaksanakan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) pendampingan dan pelatihan pembuatan alat peraga literasi berbasis Big Book bagi guru dan anak PAUD/TK Amelia di Kecamatan Buha, Kota Manado pada tanggal 21-25 Juni 2021.

“Pendidikan ini bertujuan untuk mengembangkan seluruh potensi yang ada pada diri anak dan diharapkan anak dapat menjadi manusia yang seutuhnya. Oleh karena itu, memberikan rangsangan yang tepat sangat penting dilakukan,” ujar Ketua Tim PKM Dr Yurike Sintia Lewan SS MHum didampingi Dra Endah Pangestuti Haryono MEd TESOL sebagai anggota.

Menurut mereka, rangsangan tersebut harus dapat mengembangkan seluruh aspek perkembangan yang dimiliki anak secara keseluruhan termasuk aspek kognitif, bahasa, sosial emosional, fisik motorik, seni, nilai agama dan moral. Salah satu perkembangan yang perlu distimulasi adalah perkembangan bahasa.

“Salah satu media yang dapat digunakan adalah media big book. Normaliza dan Nik (2010) menyatakan penggunaan big book dapat menciptakan konteks pembelajaran yang kondusif karena anak memiliki kesempatan untuk berinteraksi lebih banyak dengan guru dan teman sebayanya,” jelas mereka.

“Big book menjadi favorit bagi semua mata pelajaran. Dengan demikian penggunaan big book dapat menumbuhkan pembelajaran yang menyenangkan bagi anak sehingga kemampuan literasi anak berkembang optimal,” tambah mereka.

Diketahui Tim PKM yang terdiri dari Dr Yurike Sintia Lewan SS MHum sebagai Ketua dan Dra Endah Pangestuti Haryono MEd TESOL sebagai anggota melaksanakan tiga tahapan seperti penjelasan tentang alat peraga literasi berbasis big book bagi guru-guru lewat daring/zoom tanggal 21 Maret 2021, pendampingan pembuatan alat peraga literasi berbasis big book bagi guru-guru pada tangga 23 Juni 2021 dan implementasi dari pembuatan alat peraga berbasis big book bagi anak-anak PAUD/TK Amelia Buha oleh guru-guru TK pada tanggal 25 Juni 2021.

(BIL)

Komentar

Terkait