oleh

Gelar Pelatihan Akuntansi Masjid, Tim PKM Polimdo: Tingkatkan Kepercayaan Jamaah

MANADO, SULUTBICARA.com – Di zaman yang serba modern, pengelolaan masjid dituntut lebih profesional. Tak hanya dalam memberikan pelayanan kepada jamaah, profesionalisme juga harus ditunjukkan dalam pengelolaan keuangan.

Itulah yang mendasari Tim pelaksana Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Prodi D3 Akuntansi Politeknik Negeri Manado (Polimdo) melaksanakan pelatihan akuntansi bagi remaja Masjid Al Kautsar, Kelurahan Kairagi Dua, Kecamatan Mapanget, Kota Manado yang telah berlangsung sejak bulan Mei 2021.

Foto bersama remaja Masjid disela-sela pelatihan.

Tim PKM yang terdiri dari Opa Mustopa SE MSi sebagai ketua dan Ruhiyat SE MSi sebagai anggota bertujuan untuk melatih remaja Masjid Al Kautsar agar dapat berkontribusi membantu Badan Takmir Masjid (BTM) dalam penyusunan laporan keuangan Masjid yang selama ini masih belum memadai atau belum sesuai dengan Prinsip Standar Akuntansi (PSAK) Nomor 45 Tentang Standar Akuntansi untuk Entitas Nirlaba.

“Dalam pelatihan ini peserta terlebih dahulu diberikan wawasan tentang konsep akuntansi organisasi nirlaba, kemudian diajarkan memproses transaksi keuangan Masjid mulai dari merekam bukti transaksi, mencatat ke dalam jurnal, posting ke buku besar, meringkas kedalam neraca saldo dan terakhir menyusun laporan keuangan masjid,” ungkap Ketua Tim PKM, Opa Mustopa SE MSi didampingi Ruhiyat SE MSi, Jumat (17/09/2021).

Menurutnya, kegiatan pelatihan tersebut diselenggarakan secara luring (tatap muka) dengan aturan protokol kesehatan yang ketat dan daring (melalui Zoom meeting), mengingat situasi masih dalam masa pandemi.

“Kegiatan PKM ini merupakan salah satu bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi Polimdo yang bertujuan membantu masyarakat,” tutupnya.

(sbc/*)

Komentar

Terkait