oleh

Dies Natalis ke-34 dan Wisuda Polimdo, Ini Harapan Direktur Alelo dan Walikota Manado

MANADO, SULUTBICARA.com – Politeknik Negeri Manado (Polimdo) kembali meluluskan wisudawan/wisudawati program Ahli Madya dan Sarjana Terapan Tahun Akademik 2020/2021, Kamis (11/21/2021).

Acara yang dirangkaikan dengan sidang terbuka senat Dies Natalis ke-34 dilaksanakan secara tatap muka dengan penerapan aturan protokol kesehatan, yang digelar di Grand Kawanua – Novotel Hotel Ballroom Kayuwatu.

Para pengantar wisudawan sendiri juga tidak boleh berada di lokasi wisuda. Bahkan beberapa anggota petugas juga dikerahkan untuk mengawasi jalannya wisuda.

Wali Kota Andrei Angouw saat menghadiri pelaksanaan wisuda mengaku merasa bangga dengan semangat mahasiswa dalam menuntut ilmu.

“Saya berharap untuk tidak lupa lulusan almamater, tidak mabuk-mabukan yang bisa menjadi kerugian diri sendiri dan bangsa tentunya. Saya berharap torang bikin ini kota Manado jadi baik yang nyaman dan penuh dengan kesempatan,” kata Andrei Angouw.

Selanjutnya, Wali Kota menyampaikan pesan khusus bagi lulusan Politeknik Manado.

“Hidup seolah-olah itu hari terakhir dengan begitu kesempatan untuk berbuat lebih besar, ini quotes tahun-tahun 80an. Intinya isi baik-baik ini hidup, sama toh dengan lagu bilang, hidup ini harus jadi berkat,” pesan Andrei.

Angouw pun menyampaikan ucapan selamat bagi mahasiswa yang telah diwisuda.

“Terima kasih, selamat dan sukses adik-adik yang telah lulus, semoga kalian berhasil dan sukses dalam kehidupan kalian. Jadi karakter itu yang paling utama. dan yang terpenting torang musti jadi ahli dalam bidangnya,” tandasnya.

Sementara itu, Direktur Polimdo Dra Mareyke Alelo MBA dalam sambutannya menjelaskan bahwa lulusan kali ini merupakan generasi paling beruntung.

“Kalian adalah generasi limited edition,” kata Direktur disambut tepuk tangan para wisudawan.

Alelo juga meminta para wisudawan untuk menguasai enam literasi agar dapat memiliki kemampuan berpikir dan mengambil keputusan.

Berikut enam literasi yang dijelaskan Direktur Polimdo antara lain:

1. Literasi Baca dan Tulis

Literasi ini berkaitan dengan pengetahuan dan kecakapan dalam memperoleh dan mengolah informasi. Sebagai mahasiswa, kamu dapat dapat mempelajarinya untuk mengembangkan pemahaman dan potensi yang kamu miliki.

2. Literasi Numerasi

Seperti namanya, literasi jenis ini berkaitan dengan angka. Adapun pengertiannya adalah pengetahuan dan kecakapan untuk memperoleh dan mengkomunikasikan berbagai macam angka dan simbol. Kemampuan ini bertujuan untuk memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari.

3. Literasi Sains

Literasi selanjutnya berkaitan dengan pengetahuan dan kecakapan dalam memperoleh pengetahuan dan menjelaskan fenomena ilmiah. Kamu dapat meningkatkan kepedulian terhadap isu-isu seputar sains dan perkembangannya.

4. Literasi Digital

Perkembangan TIK membawa pengaruh terhadap kebiasaan anak muda. Sebagai mahasiswa, kamu perlu menguasai literasi satu ini. Literasi digital adalah pengetahuan dan kecakapan dalam menggunakan media digital dan alat-alat komunikasi. Memahami literasi digital akan menjadikan kamu lebih mudah untuk membina interaksi di kehidupan sehari-hari.

5. Literasi Budaya

Literasi ini berkaitan dengan aspek kebudayaan. Literasi budaya berarti pengetahuan dan kecakapan dalam memahami dan bersikap terhadap kebudayaan Indonesia sebagai identitas bangsa. Terlebih Indonesia adalah negara dengan beragam suku bangsa dan kebudayaan.

6. Literasi Finansial

Terakhir berkaitan dengan keuangan. Literasi finansial merupakan pengetahuan dan kecakapan untuk memahami konsep dan risiko dalam konteks finansial. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan individu maupun sosial.

Sebelumnya Wadir I Dr Tineke Saroinsong SST MEng membacakan laporan kegiatan Sidang Terbuka Senat dalam rangka Dies Natalis Ke-34 dan wisuda menjelaskan bahwa lulusan sampai dengan tanggal 30 September 2022 sebanyak 13.926 orang yang terdiri dari Program Diploma I 29 orang, Program Dipolma II 1320 orang, Program Diploma III Ahli Madya 8391 orang, Program Sarjana Terapan 4186 orang.

“Dan jumlah peserta wisuda gelombang kedua tahun 2021 sebanyak 505 orang yang terdiri dari Program Diploma 3 Ahli Madya 89 orang, Program Sarjana Terapan 416 orang. Jadi lulusan Polimdo sampai hari ini berjumlah 14.441 orang,” paparnya.

Adapun kegiatan wisuda kali ini juga dihadiri Ketua Senat Rudolf Mait ST MT, Wadir II Susy Marentek SE MSA, Wadir III Selvy Kalele SE MSi, anggota senat dan tamu undangan lainnya.

(sbc/*)

Komentar

Terkait