oleh

Mantan Kepala Daerah di Sulut Diyakini Incar Kursi DPR RI

MANADO, SULUTBICARA.com

Sejumlah kepala daerah dan mantan kepala daerah di Sulawesi Utara (Sulut) diyakini siap turun gunung merebut 6 kursi DPR RI pada Pemilu Legislatif 2024. Karena itu, dapil ini bisa disebut Dapil Neraka.

Pasalnya dari penelusuran tim media, ada banyak kepala daerah dan mantan kepala daerah yang sarat pengalaman elektoral dan sudah teruji akan maju jadi Caleg DPR RI pada Pemilu 2024.

Dari penelusuran tim media ke kantong kantong konstituen ada nama Gubernur Sulut Olly Dondokambey bersama Bupati Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagow, Bupati Minahasa Roy Roring dan mantan Bupati Sitaro Tonny Supit dan Wakil Walikota Tomohon Wenny Lumentut akan masuk lewat PDIP.

Lalu di Nasdem ada nama mantan Walikota Manado Godbless Sofcar Vicky Lumentut (GSVL) dan mantan Walikota Bitung Maximiliaan Jonas Lomban.

Selanjutnya, di Golkar ada nama mantan Bupati Minsel Tetty Paruntu, mantan Walikota Kotamobagu Djelantik Mokodompit dan mantan Bupati Minahasa Stevanus Vreeke Runtu dan Jantje Wowiling Sajow.

Sedangkan, Bupati Minahasa Tenggara diyakini bakal masuk lewat Partai Demokrat bersama mantan Bupati Bolmut Hamdan Datunsolang, mantan Wakil Walikota Manado Harley Mangindaan dan Mor Bastian.

Di Partai Amanat Nasional mantan Bupati Bolmong Timur Sehan Landjar berada di daftar pertama di partai berlambang matahari putih tersebut.

“Kabarnya begitu, jika nama di atas masuk Caleg DPR RI, sah Dapil Sulut jadi Dapil neraka, bisa jadi anggota DPR RI saat ini terancam digusur oleh mereka,” begitu ungkapan banyak kalangan dari berbagai daerah di Dapil Sulut yang dirangkum tim media, Rabu (27/04/2022).

Olly Dondokambey adalah politisi yang memiliki kekuatan suara riil, saat ini jabatan Gubernur Sulut telah masuk periode kedua bagi Bendahara Umum DPP PDIP ini.

“UU mengatur jabatan kepala daerah dibatasi dua kali, sehingga suara pemilih Olly Dondokambey cendrung mengharapkan Ketua DPD PDIP Sulut ini masuk Senayan RI untuk ketiga kalinya pada Pemilu 2024,” ungkap suara-suara politik rakyat di Kabupaten Minut.

Terus di Minsel, geliat suara pemilih justru mengkerucut kepada mantan Bupati Minsel dan Ketua DPD Golkar Sulut Tetty Paruntu.

“Ibu CEP adalah magnet politik di Minsel, maju jadi Caleg DPR RI di Pemilu 2024 adalah kehendak pemilih,” kata beberapa tokoh politik muda di Minsel dan Mitra.

Nah bagaimana Godbless Sofcar Vicky Lumentut dan Maximiliaan Jonas Lomban? luar biasa penilaian masyarakat kepada mantan Walikota Manado dan Walikota Bitung ini.

“Pak GSVL maju ini akan merekat satu suara pemilih di Kota Manado, begitu juga Pak Lomban. Keduanya layak menjadi wakil rakyat ke DPR RI Pemilu 2024,” begitu betul suara pemilih di Kota Manado dan Bitung.

Satu lagi yang akan mengejutkan dan menjadi pelanjut wakil Sulut ke Senayan RI yaitu Bupati Mitra James Sumendap. Namun, politisi PDIP tersebut diyakini bakal masuk lewat Partai Demokrat.

“Sang Predator akan mengukir sejarah anak Mitra jadi DPR RI,” rangkuman cerita pemilih di Minahasa Tenggara.

Ups, satu lagi yang akan mengejutkan adalah Bupati Bolmong Yasti Soeperjo, mantan aggota DPR RI tersebut bisa saja mengejutkan di Pemilu 2024.

“Ibu Yasti mantan anggota DPR RI dua periode, bisa menjadi rissing start Pemilu 2024, maju dengan Parpol PDIP dan jadi satu dari enam kursi DPR RI dari Dapil Sulut ini, Insya Allah,” ujar sejumlah warga Bolmong.

Soal calon incument yang akan bertahan di kursi DPR RI, dari penelusuran tim media ini, jika Pemilu digelar bulan depan maka Ketua Komisi IX DPR RI Felly Estelita Runtuwene diprediksi masih bisa mengamankan kursi yang didudukinya kini.

“Bu Felly punya massa solid. Apalagi Bu Felly selalu berjibaku berintegrasi dengan konstituen di Dapil Sulut. Ingat Bu Felly di Nasdem terkenal sebagai pekerja Pemilu ulet dan solid,” ungkap suara pemilih di Sulut.

Meski ini prediksi tapi suara rakyat sulit ditebak, bisa saja ada tokoh yang akan memecahkan kebuntuan di 15 Kabupaten/Kota di Sulut. Pasalnya, sampai saat ini hanya EE Mangindaan yang merupakan mantan kepala daerah yang berhasil masuk Senayan.

(TIM/*)

Komentar

Terkait