Olly Dondokambey Gubernur Terkaya se-Indonesia, Ini Jumlah Kekayaannya

Headline, Nasional1023 Dilihat

MANADO, SULUTBICARA.com – Gubernur terkaya di Indonesia memiliki harta yang cukup besar. Terdapat 5 orang gubernur terkaya di Indonesia, dua diantaranya berasal dari Kalimantan, satu dari Sulawesi dan Sumatera, dan satu lagi dari Jawa.

Sebagai gubernur, para pemimpin provinsi ini mendapatkan kisaran gaji sebesar Rp 8,4 juta per bulan. Hal itu sudah diatur berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 68 Tahun 2001 tentang Perubahan atas Keputusan Presiden Nomor 168 Tahun 2000 tentang Tunjangan Jabatan bagi Pejabat Negara Tertentu.

Gaji itu terdiri dari gaji pokok Rp 3 juta dan tunjangan jabatan gubernur Rp 5,4 juta sehingga jika ditotal menjadi Rp 8,4 juta. Selain gaji dan tunjangan jabatan, para gubernur juga dapat fasilitas dan tunjangan lainnya seperti rumah, kendaraan dinas, biaya pemeliharaan lainnya.

Belum lagi gubernur bisa mengantongi biaya penunjang operasional atau BPO sebesar 0,13 persen dari Pendapatan Asli Daerah dan nilainya cukup besar. Kabarnya nominal dari BPO lebih besar dibandingkan gaji yang mereka terima tiap bulannya.

Dikutip berdasarkan harta yang dilaporkan ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melalui Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN). Inilah 5 Gubernur terkaya di Indonesia.

Olly Dondokambey (Sulawesi Utara)

Gubernur terkaya di Indonesia adalah Olly Dondokambey yang memiliki kekayaan mencapai Rp 223.880.344.788 atau sekitar Rp 228 miliar. Gubernur yang juga politikus PDI Perjuangan ini pernah jadi Anggota DPR RI.

Paling besar Olly memiliki kekayaan berupa tanah dan bangunan dengan nilai fantastis Rp 91.371.424.000 atau Rp 91 miliar yang tersebar di beberapa kawasan di Manado, Jakarta, dan Minahasa Utara. Ia juga memiliki beberapa kendaraan mewah yang bila ditotal mencapai miliaran rupiah.

Herman Deru (Sumatera Selatan)

Herman Deru Gubernur Sumatera Selatan adalah gubernur terkaya nomor dua di dunia. Berdasarkan LHKPN pada 2021 lalu, Herman memiliki kekayan dengan total Rp 40.428.670.919 atau sekitar Rp 40 miliar. Sama seperti Olly, setengah dari total kekayaan yang ia miliki berasal dari tanah dan bangunan mencapai Rp 26 miliar.

Sri Sultan Hamengkubuwono X (D.I Yogyakarta)

Berikutnya ada Sri Sultan Hamengkubuwono X yang total kekayaannya berada sedikit di bawah Herman Deru. Sri Sultan memiliki harta kekayaan dengan nilai mencapai Rp 40.267.336.339 atau sekitar Rp 40 miliar. Rasanya sah-sah saja sebagai Raja Yogyakarta, Sri Sultan termasuk orang kaya yang ada di Jawa.

Sugianto Sabran (Kalimantan Tengah)

Sugianto Sabran dikenal sebagai pengusaha sebelum jadi gubernur. Pada 1 Januari 2022, mantan suami Ussy Sulistiawaty itu melaporkan kekayaan yang mencapai Rp 38.596.510.436 atau Rp 38 miliar. Total harta paling besar adalah pada tanah dan bangunan yang mencapai Rp 21 miliar lebih.

Zainal Arifin Paliwang (Kalimantan Utara)

Gubernur terkaya di Indonesia berikutnya adalah Zainal Arifin Paliwang. Gubernur Kalimantan Utara ini memiliki kekayaan mencapai Rp 37.240.328.617 atau sekitar Rp 37 miliar. Tanah dan bangunan menjadi harta paling besar mencapai Rp 36 miliar yang tersebar di Jakarta, Semarang, Bogor, dan tempat lain.

(sbc)

Komentar