Dorong Peningkatan Kualitasi Hidup, PLN Terangi Pelosok Desa

Nasional482 Dilihat

MANADO, SULUTBICARA.com

PT PLN (Persero) berkomitmen untuk terus menerangi negeri. Berbagai terobosan ide inovasi yang dilakukan PLN hadir memberikan dampak meluas bagi perekonomian nasional dan terus mendorong kesejahteraan bagi seluruh masyarakat pelanggan.

General Manager PLN Unit Induk Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah dan Gorontalo (Suluttenggo) J.A Ari Dartomo menjelaskan menerangi negeri hingga pelosok terus dilakukan oleh PLN.

Hal ini terbukti dari rasio elektrifikasi PLN di Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah dan Gorontalo terus bertumbuh mencapai 99,55 persen hingga Semester II tahun 2022.

“Perjuangan melistriki hingga daerah pelosok tidak mudah, salah satu tantangan terbesar PLN adalah dalam meningkatkan rasio elektrifikasi di wilayah daerah terdepan, terluar dan tertinggal (3T), namun sesuai dengan amanah PLN akan terus berusaha sehingga seluruh masyarakat pelanggan bisa merasakan listrik untuk kehidupan yang lebih baik,” tutur Dartomo, Jumat (10/02/2023).

Dartomo dalam forum diskusi bersama jajaran Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah pada (1/02) juga menyampaikan, salah satu upaya untuk bisa meningkatkan rasio elektrifikasi adalah melalui program Listrik Desa. Langkah ini merupakan langkah akselerasi sehingga masyarakat bisa menikmati listrik secara tepat.

Hingga saat ini, rasio desa berlistrik di Sulawesi Tengah telah mencapai 93,80 persen dengan total 1.892 desa sudah mendapatkan akses listrik.

“Dari total rasio desa berlistrik tersebut menjadi bukti kontribusi PLN untuk mendorong pertumbuhan ekonomi, masyarakat di desa semakin produktif dengan hadirnya listrik,” tambah Dartomo

Hal ini sejalan dengan yang diharapkan oleh Gubernur Sulawesi Tengah, Rusdy Mastura yang menyampaikan bahwa kehadiran listrik dapat menggairahkan perekonomian suatu daerah. Oleh karena itu pemerintah berharap sinergi seluruh pihak dapat membantu mewujudkan 100 persen desa berlistrik.

“Melalui forum ini, kami pemerintah ingin seluruh jajaran beserta instansi terkait untuk kompak menyatukan tekad bersama dalam meningkatkan kesejahteraan dan memajukan daerah,” ucap Rusdy.

(sbc)

Komentar