Wakili Polimdo, Mokousi-Luminta Juara 1 Kompetisi Pariwisata Indonesia

Sumikolah1567 Dilihat

MANADO – Dua mahasiswa Politeknik Negeri Manado (Polimdo) sabet juara pertama dalam Kompetisi Pariwisata Indonesia tingkat nasional. Keduanya dari Jurusan Pariwisata Polimdo ini, Yusman Saputra Handika Mokousi mengikuti perlombaan Make Up Room With Experience. Sedangkan, Josua Lumintang mengikuti Making Bed dan Towel Art yang berlangsung di Politeknik Negeri Bandung, pada 3 – 5 Mei 2023.

“Kami berdua tidak pernah berpikir akan mendapatkan juara 1 dalam perlombaan ini. Dikarenakan yang mengikuti perlombaan itu sebanyak 471 peserta. Juga ada peserta dari beberapa negara lainnya, seperti Tiongkok, Mexico, Mesir dan Jerman,” ungkap Mokousi, Selasa (9/5/2023).

“Keberhasilan yang didapatkan ini, tentu semua karena Allah. Kemudian, dukungan keluarga, teman-teman dan dosen yang ikut serta dalam perlombaan ini. Terkhusus juga karena dukungan dari Direktur Polimdo Mareyke Alelo bersama Ketua Jurusan Pariwisata Bernadain Dainty Polii. Kemudian ada, Ibu Diane Tangian dan Sir Mikhael Mangolo yang sudah percayakan saya untuk mengikuti perlombaan ini,” ujarnya.

“Intinya, Polimdo berperan penting dalam keberhasilan kami berdua. Kirannya juga, bisa mengutus mahasiswa yang lebih banyak lagi dalam ajang nasional hingga internasional nantinya,” tuturnya.

Kemudian, terkait mental, kesehatan dan doa sangat mempengaruhi terkait keberhasilan. “Selama mengikuti perlombaan kami berdua enjoy, tanpa ada kesulitan,” singkatnya.

Wakil Direktur Bidang Akademik Polimdo, Tineke Saroinsong menyebut bahwa dirinya berbahagia atas pencapaian indikator kinerja utama (IKU 1.2) institusi pada triwulan 1, yaitu presentasi mahasiswa yang meraih prestasi tingkat nasional.

“Bagi mahasiswa yang saat ini mendapatkan prestasi. Kirannya, jangan berpuas diri dengan apa yang dicapai saat ini. Terus tingkatkan dan kembangkan kompetensi hingga keterampilan yang ada. Serta selalu, rendah hati,” tuturnya.

Saat ini, mahasiswa Polimdo telah meningkatkan kompetensinya mulai dari jurusannya sendiri. Khususnya, melalui Himpunan Mahasiswa Jurusan (Himaju). “Di dalam Himaju ini, mereka menjaring setiap mahasiswa untuk siap mengikuti kompetisi. Mahasiswa yang terpilih nantinya, akan di latih dan didampingi oleh dosen pembina sesuai dengan kompetensinya masing-masing,” ucapnya sembari menjelaskan penjelasan di atas adalah cara Polimdo menyiapkan mahasiswanya dalam menyambut setiap kompetisi.

“Untuk itu, saya berharap kedepannya Polimdo akan lebih banyak meraih prestasi dalam perlombaan di tingkat nasional bahkan internasional. Dan setelah lulus nantinya, akan cepat terserap di dunia industri dan dunia kerja, menjadi wirausaha atau melanjutkan studi yang lebih tinggi. Tergantung pilihan, dari masing-masing lulusan,” pungkasnya.

(sbc)

Komentar