Juventus Mau Banding Hukuman 10 Poin?

Olahraga2106 Dilihat

JAKARTA – Juventus dihukum pengurangan 10 poin imbas sidang ulang Capital Gain. Bianconeri tak menutup kemungkinan kembali melakukan banding.

Juventus mendapatkan kepastian dijatuhi sanksi pengurangan 10 poin, hanya hitungan menit sebelum laga Liga Italia melawan Empoli, Selasa (23/5/2023) dini hari WIB. Hukuman itu melemparkan mereka ke luar empat besar, yang diperburuk dengan kekalahan 1-4.

Juventus terjerat kasus penggelembungan nilai transfer untuk meningkatkan keuntungan modal. Sebelumnya Juventus sempat dijatuhi sanksi pengurangan 15 poin, namun kemudian dicabut setelah banding ke CONI.

Pertempuran tak berhenti sampai di situ. Jaksa FIGC Giuseppe China menyerahkan bukti baru untuk melakukan sidang ulang dan hasilnya 10 poin Bianconeri dihanguskan.

Kronologi Pengurangan 10 Poin Juventus

Juventus bisa saja tak tinggal diam. Klub asal Turin itu meminta hasil lengkap persidangan dan tak menutup kemungkinan untuk banding.

“Juventus FC mencatat apa yang diputuskan oleh Pengadilan Banding FIGC dan berhak membaca alasan untuk mengevaluasi kemungkinan banding ke Dewan Pengawas di CONI,” tulis pernyataan Juventus di Twitter.

“Apa yang telah ditetapkan oleh keputusan kelima dalam kasus ini, yang dimulai lebih dari satu tahun yang lalu, menimbulkan kepahitan yang luar biasa di dalam klub dan jutaan pendukungnya yang dengan tidak adanya aturan yang jelas, mendapati diri mereka sangat dihukum dengan penerapan sanksi yang tampaknya tidak mempertimbangkan prinsip proporsionalitas.”

“Tanpa mengabaikan kebutuhan akan urgensi, yang tidak pernah dihindari oleh Juventus selama proses persidangan, ditekankan bahwa ini adalah fakta-fakta yang masih harus dievaluasi oleh hakim,” demikian pernyataan Juventus.

Juventus saat ini terlempar ke posisi ketujuh di klasemen Liga Italia. Juve masih bisa finis di empat besar dengan catatan AC Milan, Atalanta, dan AS Roma tersandung di seluruh laga sisa.

(dts)

Komentar