oleh

Lima Formasi yang Bisa Dipakai Pirlo di Juventus Bersama Chiesa

SULUTBICARA.com – Juventus resmi mendapatkan jasa Federico Chiesa pada hari terakhir bursa transfer awal musim 2020/2021. Pemain 22 tahun diyakini bakal menjadi kunci dalam skema permainan Andrea Pirlo.

Federico Chiesa merupakan produk akademi sepak bola Fiorentina. Dia sudah membela La Viola sejak usia 9 tahun. Kini, dia datang dengan status pinjaman ke Juventus dengan kewajiban membeli.

Di Fiorentina, Federico Chiesa mampu mencetak 34 gol dari 153 laga di semua kompetisi. Performanya terus meningkat setiap musim dan selalu menjadi pilihan utama bagi setiap pelatih.

Federico Chiesa punya kemampuan bermain di beberapa posisi. Dia bisa bermain sebagai penyerang tengah dan winger. Belakangan, Chiesa juga fasih bermain sebagai wingback pada formasi 3-5-2.

Lantas, seperti apa perkiraan formasi yang cocok untuk Federico Chiesa di Juventus? Simak di bawah ini ya Bolaneters.

3-4-3, Penyerang Kanan

Federico Chiesa punya kecepatan dan kemampuan drible yang sangat bagus. Pemain 22 tahun lebih dominan memakai kaki kanan dan bermain di posisi penyerang kanan bisa menjadi pilihan terbaik untuknya.

Pada formasi 4-3-3 ini, Andrea Pirlo bisa memainkan tiga penyerang sekaligus: Cristiano Ronaldo, Paulo Dybala, dan Federico Chiesa. Komposisi ini tentu sangat menjanjikan bagi Andrea Pirlo.

3-5-2, Penyerang Tengah

Federico Chiesa memulai karir di Fiorentina sebagai penyerang, sama seperti ayahnya Enrico Chiesa. Dia bukan tipe penyerang yang diam di kotak penalti. Chiesa rajin turun dan meminta bola ke lini tengah.

Karakter bermain Federico Chiesa tentu bisa memanjakan Cristiano Ronaldo sebagai penyerang. Bukan hanya bisa membuka ruang, Chiesa juga punya kemampuan melepas umpan dengan baik.

3-5-2, Wingback Kanan

Di bawah kendali Guiseppe Iachini, Federico Chiesa bermain sebagai wingback kanan untuk Fiorentina pada formasi 3-5-2. Federico Chiesa pun mampu menjalankan tugas ini dengan cukup bagus. Tiga laga terakhir menjadi buktinya.

Andrea Pirlo sendiri nampaknya belum menemukan pemain yang tepat di posisi wingback kanan. Pada laga melawan AS Roma, Juan Cuadrado digeser ke posisi kiri dan Dejan Kulusevski dimainkan di posisi wingback kanan.

Federico Chiesa bisa menjadi solusi yang meyakinkan untuk posisi wingback kanan Juventus.

4-4-2, Sayap Kanan

Federico Chiesa bisa memainkan banyak posisi di sisi kanan, baik untuk tugas yang menyerang atau sebagai wingback. Pemain 22 tahun pun diyakini tidak akan kesulitan jika bermain pada formasi 4-4-2 racikan Andrea Pirlo.

Pada laga melawan AS Roma, Andrea Pirlo memakai formasi dasar 4-4-2 yang cair. Federico Chiesa bisa bermain sebagai sayap kanan pada posisi ini. Chiesa tentu saja punya kemampuan bertahan lebih baik dari Kulusevski.

4-4-2, Penyerang Tengah

Masih pada formasi 4-4-2, Federico Chiesa bukan hanya bisa bermain di posisi sayap kanan. Pemain 22 tahun juga bisa memainkan peran sebagai penyerang tengah. Federico Chiesa bisa berduet dengan Cristiano Ronaldo.

Hanya saja, jika Andrea Pirlo memilih memainkan Federico Chiesa di posisi ini, maka Paulo Dybala akan kehilangan tempatnya. Ini akan menjadi pilihan yang sulit bagi Pirlo karena Dybala dan Ronaldo punya koneksi yang bagus.

Sumber: Berbagai Sumber/bola.net

Komentar

Terkait