PLN Laksanakan Coastal Clean Up Serentak

Daerah1474 Dilihat

MANADO – Untuk memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2023, Sabtu (10/06/2023) PLN serentak melaksanakan bersih-bersih pesisir sungai dan pantai secara serentak di 34 lokasi di Indonesia dengan estimas peserta terlibat lebih dari 7.000 volunteer.

Di wilayah PLN Unit Induk Distribusi Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah dan Gorontalo (UID Suluttenggo) sendiri dilaksanakan kegiatan Coastal Clean Up yang tersebar di beberapa lokasi, antara lain di Pantai Kawasan Megamas Manado, Pantai Talise Palu, Pantai Desa Tongo Gorotntalo, Pantai Bunglawang Tahuna, Pantai KM 1 Luwuk, DAS Tuwuley Tolitoli dan Pantai Labuang Uki Kotamobagu dengan estimasi total 1.480 volunteer terdiri dari eksternal dan seluruh pegawai PLN yang dengan peduli berhasil membersihkan sampah di pesisir lokasi pantai.

Dalam sambutannya Ari Dartomo menyampaikan bagaimana gerakan Employee Volunteer Program yang diinisiasi oleh insan PLN di seluruh Indonesia menjadi penggagas ratusan insan PLN yang hadir memberi diri untuk memperingat Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2023 dengan membersihkan pesisir pantai bersama.

“Employee Voulenteering Program (EVP) atau Relawan Pegawai merupakan gerakan insan PLN untuk membangun dan meningkatkan jiwa kepedulian komunitas pegawai PLN agar terlibat secara aktif dalam setiap program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) di seluruh unit PLN se-Indonesia, salah satunya yang akan kita laksanakan hari ini,” kata Dartomo.

Ari Dartomo pun menambahkan bahwa kegiatan bersih-bersih pantai atau Coastal Clean Up merupakan bagian penting bagi peningkatan kualitas diri setiap pegawai PLN.

“Bagi seluruh insan PLN, Employee Voulenteering Program dapat meningkatkan kualitas hidup pegawai PLN secara pribadi, serta menciptakan kepuasan hidup secara fisik dan emosional dengan harapan akan meningkatkan kerekatan pegawai terhadap perusahaan,” ungkap Dartomo.

Nouldy Tangka pun menambahkan bahwa jalinan hubungan yang baik antara Lantamal VIII Manado dengan PLN Suluttenggo berlangsung dengan hasil berbagai program bermanfaat khususnya kegiatan Coastal Clean Up yang sudah berhasil dijalankan hari ini.

“Kami berharap akan ada segudang kegiatan seperti ini lagi ke depannya sehingga masyarakat dapat mendapatkan manfaat maksimal dari apa yang kita lakukan,” tutur Tangka.

Senada dengan Nouldy Tangka, Franky Porawouw pun menambahkan agar bersih-bersih pantai ini bukan hanya acara seremoni biasa setahun sekali, namun menjadi sebuah kebiasaan baik yang dapat dilakukan setiap masyarakat.

“Sudah banyak upaya kami untuk membersihkan pesisir pantai di Manado, namun dibutuhkan kesadaran dari setiap masyarakat untuk menciptakan suasana yang bersih di seluruh pantai di Manado,” katanya.

Kegiatan Coastal Clean Up ini menjadi rangkaian kegiatan besar bersama Kementrian Lingkungan Hidup yang serentak dilaksanakan di seluruh Indonesia dengan melibatkan banyak pihak mulai dari Pemerintah, BUMN, Pegiat Lingkungan, hingga jumlah besar masyarakat yang tergerak menjadi volunteer.

Hadir dalam gelaran acara di lokasi Pantai Kawasan Megamas Manado General Manager PLN Unit Induk Distribusi Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah dan Gorontalo (UID Suluttenggo), Ari Dartomo beserta jajarannya, Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal) VIII Manado, Laksamana Pertama TNI Nouldy Tangka SAP CHRMP beserta jajarannya, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Manado, Franky Porawouw beserta jajarannya, serta Perwakilan Manajemen PT Mega Jasa Kelola, Youdy Rorong sebagai perwakilan pengelola Kawasan Megamas.

(sbc)

Komentar