Sambut Rangkaian Peringatan HUT RI ke-78, PLN Siap Hadirkan Pasokan Listrik Andal

Daerah1168 Dilihat

MANADO – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia ke-78, PT PLN (Persero) siap hadirkan pasokan listrik andal untuk seluruh kegiatan atau rangkaian peringatan tersebut.

General Manager PLN Unit Induk Distribusi Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah dan Gorontalo J.A Ari Dartomo, menjelaskan PLN selalu berupaya meningkatkan keandalan pasokan listrik dalam berbagai kegiatan termasuk dalam menyukseskan peringatan HUT RI ke-78 pada setiap lokasi-lokasi strategis.

“Kami selalu siaga penuh. Baik secara sistem kelistrikan, peralatan pendukung, maupun personel yang terlibat langsung dilapangan,” ucap Dartomo di Manado, 16 Agustus 2023.

Dartomo menjelaskan, untuk memastikan keandalan listrik dalam peringatan HUT RI, PLN Suluttenggo mengerahkan sebanyak 1.599 petugas yang terdiri dari 427 personel PLN, serta sebanyak 1.172 orang personel yang tergabung dengan Tenaga Alih Daya dan Mitra Kerja yang tersebar di 103 posko siaga di wilayah Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah dan Gorontalo.

PLN telah melakukan koordinasi dengan seluruh pihak terkait di sejumlah lokasi vital peringatan HUT RI. Simulasi juga telah dilaksanakan untuk memastikan peralatan pendukung serta jaringan listrik dalam kondisi baik.

“PLN sudah melakukan beberapa tahapan untuk memastikan listrik aman saat acara mulai dari pemeliharaan, simulasi, bahkan gladi,” tambah Dartomo.

Tak hanya itu, untuk memperkuat kelistrikan pada rangkaian HUT RI ke-78 PLN juga telah menyiapkan 10 Uninterruptible Power Supply (UPS) dengan masing-masing daya sebesar 250 kVA, 41 Unit Gardu Berjalan (UGB) daya 200 kVA serta 55 unit Genset.

Checkpoint Siaga pada Rabu (16/8) pun di gelar sebagai bentuk monitoring dalam memastikan tidak ada satu pun potensi gangguan teknis kelistrikan.

“Kami juga melakukan checkpoint sehingga kondisi kesiapan dilapangan dapat dilaksanakan dengan baik melalui sinergi dan kesiapan yang matang,” pungkas Dartomo.

(sbc)

Komentar