Gelar Pengabdian di Budo, Polimdo Buat Sistem Kontrol Cerdas Pengaturan On-Off Pompa dan Lampu Aquarium Air Laut

Sumikolah1169 Dilihat

MANADO – Politeknik Negeri Manado (Polimdo) kembali melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat melalui Program Penerapan IPTEK Pada Masyarakat (PIM) yaitu Pembuatan Sistem Kontrol Cerdas Untuk Pengaturan On-Off Pompa dan Lampu Aquarium Air Laut di Desa Wisata Budo Kecamatan Wori Kabupaten Minahasa Utara pada tanggal 23 – 25 September 2023.

Kegiatan pengabdian yang dipimpin oleh Ketua Tim Alfrets Wauran ST MCSE MKom ini bertujuan untuk mengaplikasikan teknologi sistem kontrol dalam mengoptimalisasi penggunaan daya listrik pada akuarium air laut.

“Dalam melakukan kegiatan ini Politeknik Negeri Manado melibatkan dosen, mahasiswa beserta pemerintah dan masyarakat desa wisata Budo,” tukas Ketua Tim Alfrets Wauran ST MCSE MKom, Selasa (26/09/2023) .

Menurutnya, kegiatan tersebut diikuti secara langsung oleh Pemerintah Desa, Bumdes Budo, mahasiswa  dan dosen Politeknik Negeri Manado Jurusan Teknik Elektro.

“Pada akhir Kegiatan pengabdian PIM ini dihasilkan sebuah sistem kontrol pompa dan lampu akuarium air laut yang dapat mengefisiensikan penggunaan daya listrik,” ungkapnya.

Dikatakan Wauran, selain itu dihasilkan sebuah akuarium air laut modern yang menampilkan berbagai jenis biota laut yang sangat menarik. Pihaknya, mengharapkan akuarium air laut ini akan menjadi sarana pembelajaran tentang ekosistem dan biota laut bagi masyarakat  khususnya dunia pendidikan.

“Dengan adanya akuarium air laut modern ini dapat menambah daya tarik para wisatawan yang berkunjung ke desa wisata ini. Semoga kegiatan- kegiatan seperti ini dapat dilakukan secara berkesinambungan dalam memperkenalkan teknologi terbaru kepada masyarakat,” tutup Ketua Tim Alfrets Wauran ST MCSE MKom yang adalah dosen Teknik Elektro dan Kepala UPT MR di Politeknik Negeri Manado.

Dilain pihak, Pemerintah Desa Budo yang diwakili oleh Sekertaris Desa, Odi Lintogareng menjelaskan bahwa saat ini diperlukan kerjasama yang berkesinambungan antara institusi Pendidikan.

“Pemerintah Desa dan organisasi profesi teknologi untuk melatih para masyarakat  desa dalam menggunakan teknologi terbaru. Terima kasih kami ucapkan kepada Jurusan Teknik Elektro yang terus membantu Desa Budo,” tuturnya.

(sbc)

Komentar