Hadirkan HUB UMK, Bukti Kepedulian PLN Terhadap Pemberdayaan Pelaku UMKM

Daerah963 Dilihat

MANADO – Sebagai salah satu perusahaan yang memiliki kepedulian terhadap pemberdayaan UMK, PLN berkomitmen untuk memberikan perubahan yang berkelanjutan terhadap ekonomi masyarakat dengan pengembangan mitra binaan yang tersebar di seluruh Indonesia.

Salah satu langka nyata yang dilakukan oleh PLN yaitu melalui program tanggung jawab sosial dan lingkungan telah membangun fasilitas bangunan HUB UMK lengkap bersama dengan sarana pendukung yang ada didalamnya.

Program ini sejalan dengan program pemerintah yaitu untuk mendorong penguatan UMK di Kota Manado dan menjadi pelopor terbukanya lapangan kerja bagi masyarakat. Disisi lain dapat menumbuhkan jiwa kewirausahaan, kreatifitas dan inovasi untuk mempromosikan produk kearifan lokal.

Hadir dalam acara pembukaan perdana HUB UMK PLN Suluttenggo ini, General Manager PLN Unit Induk Suluttenggo, J.A. Ari Dartomo, Komandan Lantamal VIII Manado, Laksamana Pertama TNI Nouldy J. Tangka, S.A.P., CHRMP, jajaran pemerintah daerah, beserta para pelaku UKM dan mitra binaan PLN.

Dalam sambutannya, J.A. Ari Dartomo menerangkan bahwa PLN akan terus berperan dalam pembangunan ekonomi berkelanjutan guna meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat, salah satunya dengan menghadirkan HUB UMK PLN Suluttenggo sebagai tempat para pelaku usaha kecil dan menengah untuk mengembangkan usahanya.

“Pembangunan ekonomi berkelanjutan harus terus berjalan dan berakselerasi, PLN siap mendukung hal tersebut dengan langkah nyata melalui setiap program yang telah kami persiapkan. Dan ini tertunya membutuhkan sinergi bersama para pelaku UMK yang ada di Kota Manado,” terang Dartomo di Manado, 18 Oktober 2023.

“Dalam hal pemberian bantuan fasilitas HUB UKM ini, kami memandang bahwa lokasi fisik yang berfungsi sebagai visual store sangatlah dibutuhkan untuk meningkatkan penjualan dan pemasaran produk para pelaku usaha,” lanjut Dartomo.

PLN dalam upaya memperkenalkan listrik sebagai gaya hidup moderen memandang UMK sebagai corong yang efektif kepada masyarakat untuk mengkampanyekan penggunaan peralatan listrik dalam dunia kuliner karena sangat membantu dengan biaya yang murah namun dapat meningkatkan produktifitas yang berlipat ganda.

Disisi lain, PLN dengan begitu banyaknya mitra binaannya turut memberikan wadah penjualan produk melalui PADI UMKM dan Marketplace pada aplikasi PLN Mobile. Hal ini menunjukan keseriusan PLN dalam memperhatikan prospek geliat UMK dalam mendorong pembangunan ekonomi berkelanjutan.

(sbc)

Komentar