Transfer Ilmu ke Masyarakat Desa Wiau, Polimdo Gelar Pelatihan Operator Turbin Ulir

Sumikolah1226 Dilihat

MANADO – Politeknik Negeri Manado (Polimdo) melaksanakan Penerapan IPTEK pada Masyarakat (PIM), lewat pelatihan operator turbin ulir pada pembangkit listrik tenaga mikro hidro (PLTMH) di Desa Wiau, Kecamatan Pusomaen, Kabupaten Minahasa Tenggara.

“Penerapan teknologi PLTMH Turbin Ulir dilakukan melalui program Matching Fund vokasi, maka dilakukan juga transfer ilmu terkait maintenance atau perawatan PLTMH dengan kegiatan pelatihan operator turbin ulir di Desa Wiau,” ungkap Ketua Tim PIM, Dr Tineke Saroinsong SST MEng, Rabu (29/11/2023).

Pengembangan turbin ulir buatan Polimdo tersebut merupakan hasil riset bertahap yang dilakukan oleh dosen Jurusan Teknik Mesin tersebut bersama timnya sejak tahun 2010. Pada tahun pertama penelitian, Polimdo berhasil menghasilkan produk prototipe mesin turbin ulir.

Dengan adanya program Matching Fund, Polimdo kemudian mendapat dukungan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi untuk melakukan hilirisasi produk tersebut sehingga berimbas langsung pada masyarakat.

“Dari pihak desa membantu pengadaan mesin turbin dan bangunan sipilnya. Polimdo memberikan desain bangunan sipil dan mengerjakan pembuatan turbinnya di kampus untuk dipasang di Desa Wiau,” ujar Tineke yang juga menjabat Wakil Direktur Bidang Akademik ini.


“Di akhir kegiatan juga dilanjutkan berita acara serahterima PLTMH yang akan dikelola oleh pihak Desa Wiau. Semoga Teknologi ini akan terus bermanfaat di pakai dan di Maintenance sesuai prosedurnya,” tambah calon Guru Besar Polimdo ini.

Sementara itu, Hukumtua Desa Wiau, Jeane Lyke Mawati mengaku keberadaan Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro ini sangat membantu warga, terutama di malam hari, saat warga membutuhkan penerangan jalan.

“Ke depannya direncanakan akan ada proyek air bersih menggunakan mesin sumur bor menggunakan listrik dari PLTMH ini,” katanya.

(sbc)

Komentar