RSUP Kandou Manado Terima Puluhan Mahasiswa PKL Poltekkes Gorontolo

Daerah1208 Dilihat

MANADO Puluhan mahasiswa Politeknik Kesehatan (Poltekkes) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Gorontalo dipersiapkan untuk menjadi tenaga kesehatan yang kompeten melalui Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) di RSUP Prof Dr R D Kandou Manado, Senin (22/01/2024).

Para mahasiswa dari Program Studi Diploma III Jurusan Gizi ini diberikan pelatihan Bantuan Hidup Dasar (BHD), Peningkatan Mutu dan Keselamatan Pasien (PMKP), Pencegahan dan Pengendalian Infeksi (PPI), Kesehatan dan Keselamatan Kerja RS (K3RS) dan Covid-19 oleh bagian Diklat RSUP Kandou Manado.

Pelatihan ini dibuka Direktur Layanan Operasional RSUP Kandou, dr Wega Sukanto Sp BTKV, yang menekankan pentingnya pendidikan dan pelatihan guna meningkatkan kualitas tenaga kesehatan.

Didampingi Manager Diklat Ns Suwandi Luneto SKep MKes, Direktur Wega menyambut hangat kedatangan mahasiswa, sambil mengungkap peran pendidikan sebagai kunci mempersiapkan tenaga kesehatan yang kompeten.

“Kami sangat senang bisa berkontribusi dalam proses pembelajaran dan pengembangan diri mahasiswa Poltekkes Kemenkes Gorontalo.” ungkap dr Wega.

Diklat ini diharapkannya menjadi platform yang efektif bagi mahasiswa Poltekkes Kemenkes Gorontalo.

Mahasiswa diingatkannya untuk terus belajar dan berkembang, sekaligus membangun jaringan dengan profesional dan praktisi di bidang kesehatan.

“Kami berharap mahasiswa dapat memperoleh pengetahuan dan keterampilan yang lebih mendalam sehingga akan membantu mereka saat memasuki dunia kerja,” kata Wega Sukanto.

Tak lupa, Direktur Wega juga menyampaikan Instruksi dari Menteri Kesehatan RI Nomor HK.02.01/MENKES/1512/2023 tentang Pencegahan dan Penanganan Perundungan Terhadap Peserta Didik Pada Rumah Sakit Pendidikan di Lingkungan Kementerian Kesehatan.

“Dengan peran yang aktif dari individu dan institusi, kita dapat bekerja sama untuk mengatasi masalah bullying dan perundungan dan menciptakan lingkungan yang lebih aman dan inklusif bagi semua orang,” pungkasnya.

Di pihak lain, Direktur Poltekkes Gorontalo, Mohamad Anas Anasiru SKM MKes, menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Pimpinan dan Jajaran RSUP Kandou.

“Untuk kesekian kalinya kami datang membawa Mahasiswa untuk belajar di sini. Terima kasih atas kerja sama yang selama ini telah terjalin dengan baik,” ujarnya.

Momen ini, kata dia, merupakan kesempatan bagi mahasiswa untuk belajar langsung dari para profesional kesehatan yang sudah berpengalaman.

“Saya berharap mahasiswa akan mendapatkan kompetensinya sehingga bisa mempersiapkan diri menjadi tenaga kesehatan yang kompeten dan berdedikasi, serta dapat membagikan pengalamannya yang berharga,” tandasnya.

Adapun program diklat ini merupakan kerja sama antara Poltekkes Kemenkes Gorontalo dan RSUP Kandou Manado dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan kesehatan dan mempersiapkan lulusan yang siap kerja.

(sbc)

Komentar