Diperpanjang! Pendaftaran SNBP 2024 di Polimdo Tutup Hari ini Pukul 16.00 WITA

Sumikolah1233 Dilihat

MANADO – Pendaftaran SNBP 2024 di Politeknik Negeri Manado (Polimdo) diperpanjang sampai Kamis, 29 Februari 2024 pukul 16.00 WITA.

Wakil Direktur Bidang Akademik, Tineke Saroinsong menyatakan perpanjangan dilakukan karena masih banyak siswa yang belum rampung mendaftar.

“Berdasarkan hasil evaluasi dari jumlah siswa yang eligible, masih banyak siswa yang belum menyelesaikan proses pendaftaran SNBP,” kata Tineke, Kamis (29/02/2024).

Menurutnya, daya tampung SNBP di Polimdo yaitu 20% atau sebanyak 380 peserta. “Dan yang mendaftar lewat jalur SNBP sampai saat ini sebanyak 552 peserta,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Umum Tim Penanggung Jawab Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) Prof Ganefri menjelaskan bahwa finalisasi pendaftaran SNBP 2024 ditutup dengan cetak Kartu Peserta SNBP. Siswa yang telah menyelesaikan tahap ini tidak dapat mengubah data pendaftarannya lagi.

Untuk itu, pastikan siswa sudah mengecek kembali hal-hal yang perlu diperhatikan di tiap tahap pendaftaran SNBP. Berikut tahapnya seperti dikutip dari akun resmi SNPMB.

Tahap Pendaftaran SNBP 2024, Perhatikan Hal Ini

1. Log In

Jika tidak dapat log in kendati tidak ada masalah sebelumnya, segera hubungi call center yang tertera di laman SNPMB. Log in hanya dapat dilakukan dengan akun SNPMB yang berstatus permanen oleh siswa eligible.

Siswa eligible harus telah diisikan nilainya secara lengkap dan difinalisasi oleh sekolah di Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS). Siswa wajib merupakan lulusan 2024.

2. Validasi Data Profil

Halaman profil akan muncul jika siswa memenuhi persyaratan SNBP 2024. Cek kembali data yang tertera di profil.

Data selain jumlah tanggungan tidak bisa diperbaiki pada aplikasi pendaftaran SNBP. Isikan data jumlah tanggungan orang tua.

3. Pilih Prodi

Klik menu Pilihan untuk memilih PTN atau politeknik negeri tujuan, lalu pilih prodi. Siswa dapat memilih prodi apapun terlepas dari jurusan asal di sekolah seperti IPA, IPS, bahasa, agama, teknik, dan lain-lain.

Pilih maksimal 2 prodi. Jika hanya pilih 1, siswa dapat memilih prodi manapun di PTN atau politeknik se-Indonesia. Jika memilih 2 prodi, salah satunya wajib di PTN/politeknik yang berlokasi di provinsi yang sama dengan SMA/sederajat asalnya.

Jangan lupa klik simpan semua pilihan jika sudah memilih prodi tujuan.

4. Isi Portofolio

Tahap ini wajib bagi siswa pemilih prodi seni atau olahraga. Cek kembali panduannya di laman unduhan SNPMB.

Ukuran maksimal file portofolio adalah 100 MB. Unggah sesuai instruksi dan unduh kembali untuk memastikan dokumen yang terunggah sudah benar. Siswa disarankan unggah portofolio melalui komputer.

5. Isi Prestasi

Tahap ini opsional atau tidak wajib. Jika mencantumkan prestasi, isikan maksimal 3 yang terbaik serta deskripsi yang mewakili. Ukuran dokumen prestasi maksimal 100 MB.

6. Finalisasi

Finalisasi hanya dapat dilakukan jika tahap-tahap di atas sudah dikerjakan. Baca disclaimer finalisasi dengan benar, pastikan data yang diisikan dan diunggah sudah benar karena tidak dapat diubah usai finalisasi. Cetak Kartu Peserta SNBP hanya dapat dilakukan setelah finalisasi pendaftaran.

(sbc)

Komentar