oleh

Polimdo Terus Berbenah, Prodi D-III Teknik Komputer Berhasil Raih Akreditasi B

MANADO, SULUTBICARA.com – Program Studi (Prodi) Teknik Komputer Politeknik Negeri Manado (Polimdo) kembali menunjukkan kualitas dan mutu di bidang pendidikan yang sudah memenuhi standar, dengan meraih Akreditasi B yang diberikan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), Rabu (19/08/2020). Surat Keputusan tersebut berlaku mulai Agustus 2020 sampai dengan Agustus 2025.

Hal ini diperoleh setelah tim asesor dari BAN-PT yang melakukan visitasi pada tanggal 10-11 Agustus 2020 untuk melakukan asesmen lapangan guna mengecek secara fisik, untuk mengkonfirmasi laporan yang tertulis pada borang yang dikirimkan sebelumnya secara online ke BAN-PT. Kedua asesor yang melakukan visitasi adalah Dr Nur Rokhman SSi MKom (Universitas Gadjah Mada) dan Nana Ramadijanti SKom MKom.

Direktur Pendidikan Vokasi dan Profesi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Dr Beny Bandanadjaja ST MT yang juga menjabat Plt Direktur Polimdo ikut menyaksikan proses Akreditasi Prodi D-III Teknik Komputer.

Ketua Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Manado, Fanny Doringin ST MT menjelaskan ada beberapa komponen yang dinilai dalam akreditasi ini, bobot tertinggi adalah penilaian pada borang akreditasi program studi.

“Adapun komponen penilaian tersebut berupa aspek visi, misi, tujuan, sasaran, strategi pencapaian, tata pamong dan kepemimpinan, sistem pengelolaan dan penjaminan mutu, kemahasiswaan dan lulusan, sumber daya manusia, kurikulum, pembelajaran dan suasana akademik, pembiayaan, sarana prasarana, sistem informasi, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, dan kerjasama,” jelas Doringin, Kamis (20/08/2020).

Dijelaskannya, satu diantara kriteria penilaian yakni kemahasiswaan dan lulusan, yang artinya  mahasiswa dan dosen memiliki peran yang penting dalam pelaksanaan akreditasi. ”Penilaian akreditasi program studi ini dilakukan secara komprehensif yang meliputi kegiatan dan prestasi tri dharma perguruan tinggi oleh dosen serta kegiatan dan prestasi mahasiswa selama 3 tahun terakhir. Dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa, dan alumni seluruhnya berperan aktif dalam menyukseskan akreditasi prodi ini,” terangnya.

“Saya sangat bersyukur dan didukung keinginan luhur civitas akademika prodi melalui kebersamaan dan kerja keras, akhirnya Teknik Komputer Polimdo meraih Akreditasi B,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua Program Studi Teknik Komputer Marson Budiman SST MT mengatakan, setelah mendapat Akreditasi B, Prodi Teknik Komputer Polimdo berkomitmen untuk selalu memperbaiki diri guna meningkatkan kualitas prodi secara berkesinambungan.

“Capaian Akreditasj B ini bukanlah akhir, tetapi awal dari mimpi kami untuk berkiprah lebih luas lagi menghadapi tantangan global persaingan di dunia pendidikan tinggi khususnya bidang teknik komputer yang sangat kompetitif dan perkembangan sangat pesat,” tambanya.

(sbc/*)

Komentar

Terkait