oleh

PKM Polimdo Bikin Pariwisata Kanonang Dua Makin Bergairah

KANONANG, SULUTBICARA.com – Sektor pariwisata Kanonang Dua, Kecamatan Kawangkoan Barat, Kabupaten Minahasa kian bergairah. Hal ini setelah Politeknik Negeri Manado (Polimdo) melakukan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) diwilayah tersebut belum lama ini.

Tim Pengabdian yang terdiri dari Ir Telly H.I Kondoj, Drs Fonny Sangari MHum, Youdi Gumolili SPi MSi dan Hendry Kumaat SE MSi mampu menangkap peluang-peluang serta menggerakkan masyarakat dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Tim PKM Polimdo bersama masyarakat Desa Kanonang Dua, Kecamatan Kawangkoan.

“Hasil PKM ini tentang penguatan desa wisata Kanonang Dua berbasis kuliner, lingkugan dan kelembagaan membawah dampak positif terhadap pemahaman tentang pariwisata,” kata Ir Telly H.I Kondoj, Sabtu (18/09/2020). Dia menjelaskan kegiatan pembangunan Kepariwisataan pada hakekatnya melibatkan peran dari seluruh pemangku kepentingan yang ada dan terkait.

Masyarakat adalah unsur penting pemangku kepentingan untuk bersama-sama dengan Pemerintah dan kalangsn swasta/usaha dan kelompok-kelompok kerja yang telah di bangun bersama,bersinergis mendukung dan melaksanakan pembangunan kepariwisataan.

“Perguruan Tinggi salah satu sebagai menara air membantu masyarakat dengan ilmu yang berkembang. Politeknik Negeri Manado sebagai Perguruan Tinggi Vokasi/Terapan membantu masyarakat dengan bidangnya masing-masing,” jelasnya.

Ditambahkan bahwa melalui programnya kiranya dalam kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat ini mampu memberi solusi terbaik bahkan terjadi ekspansi pola pikir dan cara pandang menuju Desa Wisata yang menjadi model di Sulawesi Utara.

“Untuk itu kami menyampaikan banyak terima kasih kepada Hukumtua Desa Kanonang Dua, Welly Rawis bersama perangkat desa,Ketua Tim Penggerak PKK Ny.Rawis-Paendong bahkan seluruh masyarakat Desa Kanonang Dua yang menyambut baik kegiatan ini,” terangnya.

Sementara itu, Hukumtua Desa Kanonang Dua menyampaikan bahwa pihaknya memiliki kurang lebih 15 kelompok kerja dibangun. “Disamping bekerja sebagai petani, pedagang mereka juga mendukung untuk melayani wisatawan di Objek Bukit Kasih Kanonang,” ungkap Rawis seraya menyampaikan terima kasih kepada PKM Polimdo.

(sbc)

Komentar

Terkait