oleh

Polimdo Buat Skema Sertifikasi KKNI Kualifikasi pada Food And Beverage Services Level V

MANADO, SULUTBICARA.com – Politeknik Negeri Manado (Polimdo) selalu membuat gebrakan. Terbaru, perguruan tinggi vokasi ini bekerjasama dengan stakeholder pariwisata membuat skema sertifikasi Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) kualifikasi 5 pada bidang Tata Hidangan (Food And Beverage) Services Level V.

Skema sertifikasi ini digunakan untuk memastikan dan memelihara kompetensi lulusan Perguruan Tinggi/Sekolah/Pendidikan Tinggi Program Studi Diploma IV Perhotelan atau program studi sejenis dan sebagai acuan bagi LSP dan asesor kompetensi dalam pelaksanaan sertifikasi kompetensi keahlian bidang Tata Hidang.

Untuk itu, pada tahun 2020, Direktorat Kemitraan dan Penyelarasan Dunia Usaha dan Dunia Kerja (Mitras DUDI), Direkturat Jenderal Pendidikan Tinggi Vokasi , Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menetapkan Politeknik Negeri Manado sebagai penyelenggara Program Pengembangan Penilaian Mutu Pendidikan Vokasi Berstandar Industri Bidang Hospitality.

“Skema sertifikasi KKNI Kualifikasi 5 bidang tata hidang (Food and Beverage), merupakan skema sertifikasi KKNI yang dikembangkan oleh Komite Skema Sertifikasi LSP Perguruan Tinggi/Sekolah Tinggi/Program Pendidikan Vokasi,” ujar Penanggungjawab Program Susy Marentek SE MSA, Selasa (24/11/2020).

Menurutnya, skema sertifikasi ini mengacu pada Skema Sertifikasi Kompetensi Profesi Nasional Berdasarkan ACCSTP dan CATC Sektor Pariwisata Bidang Tata Hidang (Food and Beverage) yang ditetapkan pada tanggal 4 Desember 2014 oleh Ketua Nasional Sertifikasi Profesi Nasional (BNSP) dan Kementerian Pariwisata.

“Dengan skema sertifikasi kompetensi bidang kepariwisataan yang mengacu langsung pada ASEAN MRA ini diharapkan dapat memberi manfaat langsung para pemangku kepentingan seperti industri, tenaga kerja, lembaga pendidikan dan juga pelatihan,” terang Marentek yang menjabat Ketua Lembaga Sertifikasi Profesi.

(bil)

Komentar

Terkait