oleh

Kaawoan Cs Kunjungi Minsel, Pastikan Pelayanan Masyarakat Berjalan Maksimal

AMURANG, SULUTBICARA.comAnggota Komisi I DPRD Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) melaksanakan kunjungan kerja di kantor Inspektorat dan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel), Kamis (22/04/2021).

Wakil Ketua Komisi I DPRD Sulut, Herol Vresly Kaawoan mengatakan kunjungan tersebut diikuti para legislator yang tergabung dalam Komisi I dengan tujuan memastikan proses pelayanan berjalan maksimal di tengah pandemi Covid-19.

Suasana kunjungan Komisi I DPRD Sulut di Inspektorat Minsel.

“Kunjungan kerja di Inspektorat Minsel terkait sinergitas tugas dan fungsi dengan Inspektorat Provinsi Sulut dalam mewujudkan pemerintahan yang bersih,” terang politisi Gerinda ini yang diberikan mandat Ketua Komisi I Vonny Paat memimpin kunjungan di Minsel.

Meski memuji sinergitas antara Inspektorat Sulut dan Minsel yang berjalan dengan baik, Kaawoan dengan tegas mempertanyakan tugas pemeriksaan dan kewenangan Aparat Pengawas Intern Pemerintah (APIP) kepada Inspektorat Minsel.

“Karena ada temuan penyalagunaan dana desa di Desa Maleos. Untuk itu, diharapkan Inspektorat Minsel menyiapkan fasilitas pengaduan masyarakat di Minsel,” tegasnya.

Sementara itu, untuk Dukcapil Minsel, dirinya menyoroti terkait laporan hasil evaluasi tahun 2020. Menurutnya, pelayanan publik dari Kemenpan RB dan khusus untuk Dukcapil Minsel mendapat nilai (2,07) kategori C (cukup dengan catatan).

“Nilai paling rendah untuk penilain hasil evaluasi yang di laksanakan bulan September 2020 adalah nilai 2. Dan ini sudah berjalan 3 tahun. Kami berharap dapat mengoptimalkan pelayanan kepada masyarakat serta melakukan koordinasi dengan Pemprov dan pemerintah pusat agar sinergitas dapat berjalan dengan baik,” paparnya.

Adapun kunjungan kerja yang diterima Kepala Inspektorat Minsel Hendra Pandeynuwu dan Kadis Dukcapil Corneles Mononimbar tersebut juga dihadiri beberapa Anggota Komisi I DPRD Sulut seperti Hendry Walukouw, Imelda Novita Rewa, Arthur Kotambunan serta Kabag Umum Setwan Jhon Paerunan dan Staf Komisi I Willyardi Wongkar.

(bil)

Komentar