oleh

Polimdo Gelar Pelatihan Pembuatan Website dan Perbaiki Instalasi Listrik di Kayuuwi

MANADO, SULUTBICARA.com – Praktek Kerja Industri dan Pengabdian kepada Masyarakat Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Manado (Polimdo) menggelar pelatihan pembuatan website dan pemasangan serta perbaikan instalasi listrik di Desa Kayuuwi, Kecamatan Kawangkoan Barat, Kabupaten Minahasa pada tanggal 8-11 Oktober 2021.

Ketua Jurusan Teknik Elektro Polimdo, Olga Melo SST MT mengatakan Pengabdian Kepada Masyarakat ialah sebuah program yang menitik beratkan aspek pengimplementasian ilmu yang dipelajari para mahasiswa selama berada di kampus, dengan menjadikan masyarakat sebagai objek peng-implementasian dari ilmu tersebut.

“Sebagai bagian dari pilar Tri Dharma Perguruan Tinggi. Pengabdian masyarakat juga dalam pelaksanaannya tidak terlepas dari dua dharma yang lain serta melibatkan segenap sivitas akademik: yakni Dosen dan Mahasiswa,” ungkap Kajur Melo saat pembukaan pengabdian di Desa Kayuuwi.

Menurutnya dalam keadaan pandemi Covid-19 saat ini, banyak aktivitas yang dilakukan melalui rumah, bahkan pada bidang pendidikan pun pembelajarannya dilakukan peserta didik dari rumah.

“Maka dari itu prioritas utama saat ini adalah bagaimana membantu masyarakat di Kayuuwi untuk mendapatkan pelatihan pembuatan website dan penerangan lampu yang baik. Kegiatan ini juga implementasi dari konsep kampus merdeka, merdeka belajar lewat pembelajaran berbasis project,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Ketua Panitia, Ir Stephy Walukow MT ditemani Sekretaris Marike Kondoj mengatakan pentingnya pembuatan website, menggelar pelatihan pembuatan website, dan pemasangan dan perbaikan instalasi listrik.

“Dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, seluruh lapisan masyarakat juga sudah menggunakan website sebagai sarana utama dalam mencari informasi,” katanya menjelaskan.

Selain itu, Jurusan Teknik Elektro Polimdo juga memperbaiki dan juga merawat bagian-bagian instalasi listrik ditempat tersebut agar sesuai dengan standar keamanan yang berlaku menurut aturan yang ditetapkan PUIL.

“Dari pada itu juga aspek yang terpenting dari pelaksanaan program ini ialah meng-edukasi warga setempat perihal menggunakan listrik dengan baik dan bijak serta memberi penjelasan mengenai apa saja langkah-langkah yang harus dilakukan apabila terjadi kerusakan atau gangguan pada sistem kelistrikan,” ujarnya.

Turut hadir dalam kegiatan ini antara lain Sekretaris Jurusan Marson Budiman MT, Harson Kapoh MT, Muchdar Patabo MT, Herry Langi MT, Venny Ponggawa MT, Sulastri Eksan MT,  Christofel Simanjuntak MT, Donal Noya MT,  Doostrenyek Kantohe MT, Yoice Putung MT, Anthoinete Waroh MT, Josephine Sundah  MT,  Deitje Pongoh MPd, Dr Betsy Rooroh, Dr Anton Kimbal, Steven Runtuwene MEng, Maya Munaiseche MHum, Tjerie Pangemanan MPd, Anthonius Manginsela MKom, Laila Worotikan MAg, Alfrets Wauran MCSE, Oldi Lombonan MPd serta mahasiswa Semester V D4 Informatika dan Semester III D3 Komputer.

(sbc)

Komentar

Terkait