oleh

Wujudkan Merdeka Belajar! FMIPA Unsrat Gagas Palaes Jadi Desa Wisata

LIKUPANG BARAT, SULUTBICARA.com

Fakultas Matematika Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) menggandeng Desa Palaes, Kecamatan Likupang Barat, Kabupaten Minahasa Utara, sebagai salah satu Desa Binaan dalam mewujudkan Program Kampus Merdeka di bidang Pengabdian Masyarakat.

Dekan Fakultas MIPA Unsrat Prof Dr Benny Pinontoan MSc dalam sambutannya berharap melalui penyampaian ilmu-ilmu yang dibagikan oleh dosen-dosen yang sudah pakar dibidangnya masing-masing nantinya akan membuat Desa Palaes menjadi desa wisata yang maju dibandingkan desa lainnya.

“Dengan adanya kerja sama ini diharapkan kami bisa membangun Desa Palaes terutama dari segi sumber daya manusia dan juga sarana sekaligus prasarana untuk meningkatkan sektor pariwisata Desa Palaes”, ujar Dekan FMIPA Unsrat, Jumat (01/03/2022).

Pada kesempatan yang sama juga dilakukan penyuluhan-penyuluhan bagi kelompok- kelompok masyarakat yang ada.

Penyuluhan bagi kelompok masyarakat petani di sampaikan oleh Dr Parluhutan Siahaan, Dr Stella Umboh, Dr Sendy Rondonuwu, Drs Deidi Katili MSi, Ir Marhaenus Rumondor MSi beserta dengan anggota timnya masing-masing.

Sedangkan untuk kelompok masyarakat nelayan, penyuluhan diberikan oleh Hesky Kolibu SPd ST MT dan Ferdy SSi MSi.

Selain itu, perangkat desa juga diberikan bimbingan teknis tentang pembuatan situs online Desa Palaes oleh  Prof Dr Benny Pinontoan MSc dan Julia Titaley SPd MSi. Sedangkan kepada kelompok masyarakat PKK dan UMKM diberikan berbagai penyuluhan berbagai topik yang dibutuhkan oleh masyarakat tersebut.

Adapun penyuluhan ini diberikan oleh Dr Agustina Tangapo, Prof Dingse Pandiangan, Dr Susan Mambu, Dr Defni Wewengkang, Gayatri Citraningtyas, Dr Max Runtuwene, Dr Aditya Yudhistira dan Prof Feti Fatima.

Khusus anak-anak sekolah SD diberikan edukasi tentang Konservasi Satwa Endemik Sulawesi oleh Dr Saroyo. Selain itu, anak-anak tingkat SMP diberikan edukasi tentang pentingnya Sungai dan raparian bagi Masyarakat oleh Dr Ratna Siahaan.

Sementara itu, Hukumtua Desa Palaes, Jeine Greisey Morong SPd MAP menyambut dengan gembira atas kerjasama yang sudah dibangun dan diwujudkan dalam bentuk pengabdian pada masyarakat.

“Kegiatan pengabdian seperti ini baru pertama ada di desa Palaes, sehingga kegiatan ini akan sangat berarti dalam mendukung Desa Palaes sebagai desa wisata yang maju,” tukasnya.

Setelah acara pembukaan, dilanjutkan dengan acara pemeriksaan kesehatan dan mata sekaligus pemberian kacamata secara gratis kepada masyarakat yang membutuhkannya. Diakhir acara FMIPA Unsrat juga melaksanakan kegiatan-kegiatan lain seperti sunatan massal dan punyuluhan kepada panti asuhan.

(sbc)

Komentar