oleh

Gandeng Kodam Merdeka, BPN-KTNA Minsel Gelar Pelatihan Keterampilan Pembuatan Pupuk dan Petsitisida Organik

MANADO, SULUTBICARA.com

Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Minahasa Selatan (Minsel) diajak untuk meningkatkan potensi pertanian di wilayah Sulawesi Utara. Hal tersebut dapat tercapai, salah satunya yakni dengan berkolaborasi dengan Kodam XIII Merdeka dan Kantor Pertahan Minsel.

Demikian dikatakan Kepala BPN Minsel Deany Keintjem saat menggelar kegiatan pelatihan ketrampilan pembuatan pupuk dan petsitisida organik via luring dan daring kepada terhadap seluruh Korem dan Kodim dibawa kesatuan Kodam XIII Merdeka, Kamis (01/09/2022).

“Melalui kegiatan ini mungkin sudah pantas apabila kita bikin program kolaborasi antara Kodam XIII Merdeka, BPN Minsel dan KTNA Minsel untuk membuat program – program yang bisa berkaitan dengan peningkatan ketahanan pangan. Hasilnya bisa dimanfaatkan untuk Babinsa maupun para prajurit TNI yang ada di kesatuan Kodam XIII Merdeka,” ungkap Keintjem di Makodam XIII/Merdeka.

Dia mengatakan, wilayah Kodam XIII Merdeka luas, dan memiliki potensi perairan serta pertanian yang melimpah, sehingga sumber daya ini harus dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin.

“Saat ini diperlukan Sumber Daya Manusia (SDM) pertanian yang berkualitas dalam membangun sektor pertanian, Babinsa kita jadikan ajang motor penggerak pembangunan pertanian, diharapkan mampu membantu petani membangun skala usaha yang memiliki potensi strategis seperti pelaku usaha lainnya,” ujarnya.

Menurutnya, kegiatan pelatihan tersebut akan ditindaklanjuti untuk turun langsung di seluruh Kodim yang berada di Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah dan Gorontalo. “Harapan kami, mudah- mudahan kedepannya ada kerja sama yang aktif,” tambah Keintjem yang juga menjabat Ketua KTNA Minsel.

Turut hadir dalam pelatihan tersebut antara lain Aster Kasdam XIII/Merdeka Kolonel Arh Marthen Rorintulus, Kasiter Kasrem 131/Santiago Kolonel Kav Dani Hermawan, Letkol Bayu Aji serta pejabat di wilayah Kodam XIII/Merdeka.

(sbc)

Komentar