oleh

Polimdo Gelar Pengabdian Akuntansi UMKM Berbasis Android

MANADO, SULUTBICARA.com

Tim Pengabdian Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Manado (Polimdo) memberikan pelatihan Akuntansi UMKM berbasis Android bagi pelaku usaha kue khas Manado.

Pengabdian ini merupakan kewajiban tenaga pendidik dalam mengimplementasikan Tri Dharma Perguruan Tinggi berupa Program Penerapan Iptek pada Masyarakat (PIM) yang berlokasi di UMKM Perumahan Restika Permai Kelurahan Kairagi Dua Kecamata Mapanget Manado pada tanggal 12 September 2022.

Ketua Tim Pengabdi Opa Mustopa SE MSi didampingi dan Jerry Lintong SE MAP sebagai anggota, menjelaskan pengabdian tersebut dilaksanakan karena selama ini banyak UMKM dalam pengelolaan keuangannya dilakukan secara sederhana.

“Kondisi ini menyebabkan pemilik UMKM tidak dapat mengukur secara tepat jumlah penghasilan dan biaya yang dikeluarkan dari aktivitas usaha tersebut,” jelas mereka, Selasa (13/09/2022).

Menurutnya, UMKM pada umumnya melakukan pencatatan keuangan atas uang kas masuk dan keluar saja, tapi tidak membuat laporan keuangan .

“Hal ini dilakukan karena mereka tidak memahami akuntansi sehingga sulit untuk membuat laporan keuangan padahal laporan keuangan diperlukan sebagai sarana untuk mengukur kinerja usaha,” papar mereka.

Untuk itulah, pihaknyan melalui tim pengabdi memperkenalkan dan memberikan pelatihan cara mudah membuat laporan keuangan dengan menggunakan aplikasi akuntansi berbasis android.

“Dengan diberikannya pelatihan penggunaan aplikasi akuntansi UKM berbasis android ini mereka dapat mernyusun laporan keuangan secara otomatis kapan saja diperlukan,” tambah mereka.

(sbc)

Komentar